Kompas.com - 24/11/2021, 15:29 WIB
Ilustrasi Mahasiswa DOK. PIXABAYIlustrasi Mahasiswa

KOMPAS.com - Ingin membuat bisnis semakin menarik tapi bingung bagaimana membuat desainnya? Aplikasi Canva memberikan tips mudah mendesain untuk bisnis dengan menggunakan aplikasi.

Desainer Canva, Syammas Pinasthika Syarbini mengatakan bahwa terdapat tiga poin utama yang menjadi daya tarik semua pengguna media sosial. Ketiga poin tersebut yakni hiburan, informasi, dan edukasi. Poin-poin tersebut berhubungan erat sekaligus dapat bermanfaat untuk bisnis kita.

“Contohnya, jual sepatu sneakers jangan langsung difoto lalu tulis spesifikasinya. Alangkah baiknya kita berikan informasi. Jika sepatu tersebut ada sejarahnya, maka berikan informasi sejarah tersebut,” katanya, saat mengisi Workshop Marketing and Instagram Optimization yang digelar HIMA D3 Manajemen Perbankan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (Unair). 

Baca juga: 11 Ide Bisnis untuk Mahasiswa, Tambah Uang Saku hingga Pengalaman

Biasanya aplikasi desain tersebut digunakan untuk membuat postingan Instagram pribadi menjadi lebih menarik. Tetapi, untuk bisnis saja aplikasi ini sangat membantu.

“Atau kita juga bisa berikan edukasi berupa tips yang diperlukan ketika membeli sepatu original,” imbuhnya.

Agar dapat memaksimalkan ketiga poin sebelumnya, maka perlu keterampilan dalam menguasai aplikasi desain grafis, salah satunya yakni Canva. Dalam aplikasi tersebut ada beberapa tools yang wajib bagi pengguna untuk tahu dan paham cara penggunaannya.

Tools tersebut yakni template, font, elemen, galeri, hingga format unggahan yang wajib dipahami khususnya oleh pengguna baru.

Baca juga: Kemenag: Ini Syarat Ikut Program Sertifikasi Halal Gratis bagi UMK

Akan tetapi, dengan berjalannya waktu pasti akan ada kendala saat mendesain. Akan muncul perasaan tidak puas dengan desain sendiri meskipun telah melakukannya berjam-jam. Maka dari itu Syammas memberikan prinsip dasar desain yang merupakan fondasi utama pada desain grafis.

“Ada tiga prinsip dasar desain, yakni balance, emphasis, repetition. Prinsip ini sangat berpengaruh sekali terhadap desain yang kita buat,” ucapnya.

Balance

Agar foto dan teks tidak terkesan tumpang tindih, maka perlu keseimbangan atau proporsi yang pas. Syammas mengatakan jika komponen ini memiliki dua sub komponen lainnya, yakni simetris dan asimetris.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.