Kompas.com - 23/11/2021, 14:28 WIB
Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Muryanto Amin mendukung penuh Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbudristek) Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS). Dok. Humas USURektor Universitas Sumatera Utara (USU) Muryanto Amin mendukung penuh Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbudristek) Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS).
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Program Internasionalisasi Universitas Sumatera Utara (USU) yang ditargetkan menembus 500 QS World University Ranking membutuhkan dukungan penuh dari alumni.

Peran alumni dalam melebarkan jejaring dan menguatkan reputasi USU di dunia industri menjadi tambahan modal dalam realisasi program jangka panjang tersebut.

Baca juga: Tingkatkan Kriteria Lulusan, Unesa Perkuat Kerja Sama dengan DUDI

Rektor USU Muryanto Amin mengatakan, USU tengah menapaki jajaran kampus top dunia.

"Posisi USU di pemeringkatan dunia kini ada 1200+ dengan target beberapa tahun ke depan tembus di pemeringkatan 500 sesuai dengan target Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek)," kata dia melansir laman USU, Selasa (23/11/2021).

Salah satu indikator yang ditentukan lembaga pemeringkatan dunia adalah employer reputation. Nilai dari employer reputation untuk mendongkrak peringkat USU di level internasional adalah 20 persen.

Bentuk dari employer reputation itu persepsi dari pengguna lulusan dan pengguna produk ilmiah.

"Bagaimana para lulusan USU mampu menjawab tantangan industri, memiliki kualitas yang unggul untuk bisa bersaing di tataran global," ucap dia.

Persepsi pengguna lulusan ini harus diisi oleh eksternal, bukan dosen ataupun pegawai.

"Karenanya, para alumni yang saat ini menduduki posisi level manager atau bahkan pimpinan perusahaan serta CEO harus mengedepankan lulusan-lulusan USU untuk membentuk persepsi yang baik terhadap pegawai yang merupakan alumni USU," ujar Rektor USU.

Rektor juga menegaskan, dirinya akan mendukung penuh program-program dari Ikatan Alumni (IKA) USU untuk bersinergi dengan program-program universitas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.