Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/11/2021, 06:17 WIB
|

KOMPAS.com - Sudah puluhan tahun internet hadir untuk membantu aktivitas kehidupan manusia. Karena internet, banyak hal yang berubah misalnya saja membawa perubahan sosial, budaya atau pendidikan.

Di bidang pendidikan, internet sangat berperan penting. Terlebih di masa pandemi Covid-19 ini. Semua harus bergantung pada bantuan internet agar pendidikan bisa berjalan.

Setidaknya, ada 10 hal yang menjadi tren di tahun ini (2021). Apa saja itu? Melansir laman LPMP Gorontalo Kemendikbud Ristek, Naro Prasetyo (PTP LPMP Provinsi Gorontalo) memberikan penjelasan mengenai 10 tren teknologi pembelajaran di 2021.

Baca juga: Guru, Ini Model Pembelajaran SOLE agar Anak Berpikir Kritis

1. e-Learning (Pembelajaran berbasis elektronik)

e-learning adalah pelatihan, pembelajaran, atau pendidikan yang diberikan secara online melalui komputer atau perangkat digital lainnya. Hal-hal yang harus dipersiapkan untuk dapat melakukan eLearning adalah Internet, Mengembangkan multimedia, peralatan, dan Learning Management Systems.

Keuntungan penggunaan eLearning adalah guru dan siswa tidak harus berada disuatu tempat secara bersamaan dan waktu pembelajaran yang fleksibel.

2. Video-Assisted Learning (Pembelajaran berbasis video)

Ini adalah strategi dalam pendekatan dalam mengajar menggunakan video, baik itu yang berhubungan dengan pendidikan atau konseptual, untuk meningkatkan pemahaman siswa, kemampuan kognitif, dan keahlian sosial-emosional.

Dengan menggunakan video maka materi pelajaran dapat dibuat menjadi menarik dengan adanya gambar dan suara. Video yang menarik akan dapat membuat siswa termotivasi dan lebih cepat memahami suatu konsep.

3. Blockchain Technology

Atau bisa juga disebut distributed ledger technology adalah sebuah sistem yang dapat membuat orang-orang memiliki akses untuk merubah data yang telah dibagikan. Contoh sederhana adalah penggunaan Google Doc untuk membuat sebuat naskah. Naskah yang dibuat tersebut dapat di edit oleh orang banyak pada waktu yang sama.

Proses pembuatan naskah tersebut tentu dapat menghemat biaya dan waktu dibandingkan dengan pembuatan naskah secara manual yang harus dicetak terlebih dahulu kemudian diedit lalu dicetak lagi. Banyak lagi contoh dari pembuatan sesuatu secara kolaborasi dengan memanfaatkan teknologi digital.

Baca juga: Kenali 5 Tren Pembelajaran di Masa Depan

4. Big Data

Atau penyimpanan yang besar menjadi suatu tuntutan dari masyarakat saat ini. Hal ini merupakan dampak dari semakin banyaknya pengguna internet dan meningkatnya penggunaan komputer, handphone dan alat digital lainnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+