Kompas.com - 21/11/2021, 13:36 WIB
Serangan jantung bisa datang kapan saja, cermati tanda yang dikeluarkan oleh beberapa bagian tubuh Anda. Unsplash/Robina WeermeijerSerangan jantung bisa datang kapan saja, cermati tanda yang dikeluarkan oleh beberapa bagian tubuh Anda.

KOMPAS.com - Gagal jantung adalah sebuah kondisi dimana organ jantung tidak bisa memompa darah ke seluruh tubuh sebagaimana mestinya atau seperti kondisi normal.

Jika sudah terkena gagal jantung, pasien harus menjalani terapi gagal jantung. Namun saat melakukan terapi jantung, pasien tidak boleh lengah atau abai akan aturan-aturan yang ada.

Saat melakukan terapi jantung, pasien harus patuh akan anjuran hingga aturan dokter. Mengapa begitu?

Dokter spesialis jantung RSA Universitas Gadjah Mada (UGM) Dyah Samti Mayasari, menuturkan, kepatuhan itu agar pasien bisa merasakan efek dari terapi dan merasa lebih baik.

Baca juga: Pakar UGM: Ini Cara Halau Penyakit Jantung

Namun, terdapat beberapa hal yang harus dipatuhi pasien ketika menjalani terapi gagal jantung.

1. Pertama adalah meminum obat dengan dosis yang sudah ditentukan dokter secara rutin. Dyah mengatakan obat bagi pasien gagal jantung biasanya beragam.

Oleh karena itu, ia berharap adanya partisipasi aktif dari keluarga pasien disini untuk menjaga rutinitas minum obat serta mencegah konsumsi obat "double".

2. Kedua adalah rutin untuk kontrol ke dokter. Dokter Dyah mengatakan melakukan kontrol ke dokter secara rutin memiliki banyak tujuan.

Salah satunya adalah untuk mengevaluasi obat yang telah dikonsumsi pasien, apakah obat tersebut bermanfaat atau tidak.

3. Serta ketiga adalah kepatuhan melakukan diet. Dyah mengatakan diet sangat beragam. Salah satu contohnya, bagi pasien gagal jantung yang diminta untuk mengonsumsi obat pengencer darah maka tidak boleh banyak makan sayur bersamaan dengan obatnya.

Baca juga: Pakar Unair: Tips Bersepeda agar Terhindar dari Serangan Jantung

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.