Kejar Target 15 Juta Talenta Digital, Dikti dan Telkom Kolaborasi lewat TESCA 2021

Kompas.com - 18/11/2021, 16:15 WIB
Seremoni peluncuran kerja sama Ditjen Dikti dan PT Telkom Indonesia untuk Program TeSCA 2021 pada Senin (15/11/2021). DOK. DITJEN DIKTISeremoni peluncuran kerja sama Ditjen Dikti dan PT Telkom Indonesia untuk Program TeSCA 2021 pada Senin (15/11/2021).

KOMPAS.com - Pemerintah memproyeksikan akan melahirkan 15 juta talenta digital pada tahun 2035. Salah satu strategi dilakukan meraih capaian ini adalah dengan membangun ekosistem transformasi teknologi di pendidikan tinggi.

Terkait hal ini, Dirjen Dikti Kemendikbud Ristek menjalin kolaborasi dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk untuk mencetak talenta digital nasional melalui program Telkom Smart Campus Award (TeSCA) Tahun 2021.

Hal ini disampaikan Plt. Dirjen Dikti Prof. Nizam saat seremoni peluncuran kerja sama Ditjen Dikti dan PT Telkom Indonesia untuk Program TeSCA 2021 pada Senin (15/11/2021).

Prof. Nizam menjelaskan, TeSCA 2021 memiliki arti penting dalam upaya mendorong ekosistem transformasi teknologi di lingkungan perguruan tinggi.

Ia menilai, hal ini akan mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta peningkatan kualitas pelayanan di lingkungan perguruan tinggi. Nizam berharap perguruan tinggi mampu menjadi bagian dalam penciptaan teknologi.

“TeSCA 2021 akan menjadi sarana akselerasi dan penguatan pemanfaatan teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi di lingkungan perguruan tinggi. Transformasi teknologi bukan hanya wacana tapi harus betul-betul dilakukan," tegas Prof. Nizam.

"Kemajuan teknologi harus kita manfaatkan untuk kemajuan iptek. Jangan hanya sekedar sebagai pengguna tapi mampu menjadi bagian dalam penciptaan teknologi”, tambah Dirjen DIkti.

Lebih lanjut, Prof. Nizam mengungkapkan dalam pembangunan ekosistem digital diperlukan pengembangan bidang teknologi pembelajaran yang dapat diakses dan terjangkau. Untuk itu Nizam menekankan pentingnya kolaborasi dan sinergi antara industri dan perguruan tinggi.

Baca juga: Ditjen Dikti Dorong Pengembangan Seni bagi Mahasiswa

Kedaireka, ekosistem teknologi dan smart campus

 

Untuk memfasilitasi hal tersebut, Nizam menjelaskan pihaknya telah menyiapkan platform Kedaireka sebagai penghubung sinergi dan kolaborasi perguruan tinggi dengan industri.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.