Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahukah Siswa, 6 Makanan Khas Jawa Barat Ini Punya Singkatan Unik

Kompas.com - 18/11/2021, 16:15 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Suka makan cireng, cilok hingga batagor? Camilan-camilan ini merupakan kuliner khas Jawa Barat.

Meski begitu, makanan yang berbahan dasar tepung aci ini sudah mulai menjamur di berbagai wilayah. Itu tandanya, makanan asli Jawa Barat ini terkenal lezat dan cocok dengan lidah orang Indonesia.

Tetapi, siapa yang tahu kalau cireng, cilok hingga batagor punya kepanjangan nama? Ternyata, selain enak, julukan makanan-makanan ini juga unik.

Dilansir dari Instagram Disdik Jabar, ada 6 makanan asli Jawa Barat yang memiliki singkatan unik-unik.

Baca juga: JIS Buka Beasiswa Penuh bagi Siswa SMP-SMA di Indonesia

Cilung

Makanan ini, singkatannya dari aci digulung. Makanan ini terkenal unik bagi sebagian masyarakat Indonesia.

Nama ini, karena jajanan ini terdiri dari adonan aci yang dipipihkan, kenyal dan digulung dengan varian rasa yang unik. Biasanya cilung diisi daging ayam, kornet, keju, dan potongan telur berbumbu.

Cimol

Cimol berasal dari kata aci digemol. Atau dibentuk bulat menggunakan tangan. Cimol dibuat menggunakan campuran tepung kanji, tepung beras, dan tepung terigu yang dibentuk bulat-bulat kecil serta memiliki rasa asin gurih dari serbuk bumbu yang ditaburkan.

Cireng

Cireng singkatan dari aci digoreng. Bentuknya hampir mirip dengan cimol, namun lebih besar. Teksturnya, ada yang sedikit halus, ada juga yang crispy atau agak sedikit kasar.

Makanan ini muncul pertama kali pada sekitaran tahun 1980. Memakan cireng, lebih sedap dengan saus celup. Ada yang asam manis, ada juga yang berupa saus rujak.

Baca juga: Peneliti IPB: Jahe, Kunyit, dan Temulawak Bisa Obati 30 Jenis Penyakit

Colenak

Makanan terpopuler ini, juga punya singkatan yakni dicocol enak. Kudapan manis ini berbahan tape singkong yang dibakar.

Cita rasanya sendiri manis, dan legit. Nama colenak merupakan penggambaran dari cara memakannya yakni mencocolkan potongan kecil colenak ke kelapa parut dan gula merah cair.

Batagor

Menu makan yang enak disantap siang hari, punya singkatan dari baso tahu goreng. Makanan berbahan dasar ikan tenggiri ini terdiri dari potongan tahu diisi adonan aci, kemudian digoreng.

Serta disajikan dengan bumbu kacang gurih dan jangan lupa, kecap. Semakin sedap rasanya.

Cilok

Makanan yang menjamur di berbagai daerah dan mudah ditemukan di mana saja, juga punya singkatan. Kepanjangan cilok, yakni aci dicolok (ditusuk).

Sesuai namanya, jajanan ini berbahan dasar tepung aci yang ditusuk menggunakan batang kecil bambu. Penganan ini memiliki cita rasa kenyal, gurih, dan makin nikmat saat disajikan dengan bumbu kacang atau saus.

Baca juga: 5 Alat Musik Tradisional dari Jawa Barat, Siswa Sudah Tahu?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com