Kompas.com - 18/11/2021, 12:15 WIB
Ilustrasi laut. ShutterstockIlustrasi laut.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki wilayah laut yang sangat luas. Lautan di Indonesia ini masih bisa dieksplorasi dan tentu dijaga keanekaragaman hayatinya.

Jika kamu suka dengan laut, jurusan kuliah Oseanografi bisa dipilih untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Jurusan Oseanografi merupakan cabang dari ilmu kelautan.

Meski sama-sama punya nuansa laut, namun jurusanOseanografi berbeda dengan Ilmu Kelautan. Yuk simak serba serbi jurusan Oseanografi, mulai dari mata kuliah hingga prospek kerja dari jurusan ini.

Merangkum dari laman Ruang Guru, Kamis (18/11/2021), ada perbedaan Ilmu Kelautan dan Oseanografi. Jurusan Ilmu Kelautan lebih menekankan pada pembelajaran studi ilmiah sedangkan jurusan Oseanografi lebih kepada eksplorasi dan kondisi fisik laut. 

Baca juga: Siswa, Seperti Ini Cara Kerja Robot dan Jenisnya

Jurusan Oseanografi

Jurusan Oseanografi mempelajari berbagai fenomena laut yang bisa diaplikasikan ke banyak bidang, seperti rekayasa, lingkungan, bencana laut, perikanan, dan mitigasi bencana.

Oseanografi juga bersifat lebih eksploratif. Mahasiswa jurusan Oseanografi bisa mengamati fenomena kelautan dari segala aspek saat masuk ke jurusan ini.

Mulai dari perubahan kondisi air laut, bagaimana kehidupan biota di dalamnya, atau bahkan melacak penyebab terjadinya bencana alam kelautan. 

Sedangkan jurusan Ilmu Kelautan sendiri lebih banyak mempelajari ilmu seperti fisika, kimia, geologi, dan biologi yang dikaitkan ke dalam berbagai aspek mengenai laut, termasuk biota dan sumber dayanya.

Hal ini yang menyebabkan jurusan Ilmu Kelautan dikaitkan dengan topik perikanan. Sehingga saat ini lebih dikenal sebagai jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan.

Baca juga: Ditjen Vokasi Adakan DUDI Awards 2021, Ini 9 Kategorinya

Materi kuliah jurusan Oseanografi

Saat memilih jurusan Oseanografi, mahasiswa tidak hanya belajar tentang teoritis atau belajar di kelas.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.