Kompas.com - 18/11/2021, 11:46 WIB
Yuliati Umrah, salah satu pendiri organisasi sosial bernama Arek Lintang (Alit) di Surabaya. DOK. UnairYuliati Umrah, salah satu pendiri organisasi sosial bernama Arek Lintang (Alit) di Surabaya.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Alumnus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Airlangga (Unair), Yuliati Umrah masuk dalam daftar 80 pemimpin strategis dunia.

Namanya muncul mewakili Indonesia berjajar dengan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dalam pengumuman yang dirilis Bureau of Educational and Cultural Affairs.

Baca juga: Unpad Buka Lowongan Kerja Jadi Tendik Tetap bagi Lulusan SMK-S1

Yuliati telah lama dikenal sebagai seorang aktivis Indonesia yang memperjuangkan kesetaraan gender, perlindungan dan pemberdayaan anak-anak.

Perjuangan itu pula yang membuka jalan Yuliati.

Dia dipilih oleh pemerintah Amerika Serikat (AS) sebagai salah satu anggota International Visitor Leadership Program (IVLP).

"Pemerintah AS memilih kedutaan dan kontrol konsulat dalam memilih tokoh-tokoh yang dianggap sebagai pemimpin atau pemimpin alternatif di komunitas maupun institusi pemerintah. Saya mengikuti program ini (IVLP) di tahun 2016, Februari-April," kata dia melansir laman Unair, Kamis (18/11/2021).

Yuliati sendiri kerap mendapat julukan sebagai ibu dari anak-anak jalanan. Titel itu didapatkan bukan tanpa sebab.

Mulanya, pada tahun 1998, Yuliati bersama empat mahasiswa FISIP lain mendirikan organisasi sosial bernama Yayasan Arek Lintang (Alit) di Surabaya.

Hingga 23 tahun berlangsung, kini Alit telah memiliki delapan kantor cabang di delapan kabupaten/kota di tiga provinsi.

Yuliati mengatakan, Alit saat ini mendampingi lebih dari 1.400 anak.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Salurkan Kuota Gratis ke 21,29 Juta Penerima

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.