Kompas.com - 17/11/2021, 19:38 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) akan mengadakan DUDI Awards 2021.

Acara ini diadakan sebagai bentuk apresiasi kepada pihak dunia usaha dan dunia industri yang sudah memberikan sumbangsih dan penguatan terhadap pendidikan vokasi di Indonesia.

Selain itu acara DUDI Award 2021 ini juga bisa meningkatkan kuantitas dan kualitas kemitraan yang telah terjalin dan mendorong DUDI baru lainnya untuk berkontribusi kepada pendidikan vokasi.

Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan DUDI Saryadi mengatakan, rencana pembangunan jangka menengah nasional 2020-2024 mengamanatkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai program prioritas pemerintah Indonesia.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini Lho 10 Keunggulan Pendidikan Vokasi

Pendidikan vokasi tulang punggung cetak sdm unggul

Menurut Saryadi, untuk mewujudkan hal itu, pendidikan vokasi punya posisi strategis sebagai tulang punggung. Khususnya untuk menghasilkan SDM yang memiliki kompetensi dan punya produktivitas dan daya saing global.

Untuk mewujudkan layanan pendidikan berkualitas, Mendikbud Ristek Nadiem Makarim juga telah memberikan arahan bahwa pendidikan vokasi harus berkolaborasi dengan DUDI dan dunia kerja dalam proses menghasilkan lulusan satuan pendidikan vokasi.

Dalam hal ini, DUDI tidak hanya hadir secara fisik di sekolah dalam menerima lulusan atau donasi. Tetapi juga industri bisa berkontribusi dan terlibat aktif dalam membentuk kompetensi berupa baik hard skill, soft skill dan karakter mahasiswa di satuan pendidikan vokasi.

"Guna mengimplementasi arahan Mas Menteri, Ditjen Vokasi telah menetapkan kebijakan link and match 8 plus i, untuk memastikan relevansi yang kuat antara satuan pendidikan vokasi dengan DUDI," kata Saryadi dalam sosialisasi DUDI Awards 2021 yang diadakan secara virtual, Senin (15/11/2021).

Saryadi menyampaikan, paket link and match 8 plus i mencakup penyelerasan kurikulum dan project based learning dan peningkatan kapasitas SDM vokasi. Selain itu ada guru tamu dari DUDI di satuan pendidkan vokasi. Hingga kegiatan praktik kerja lapangan selama 1 semester, pengembangan sertifikasi kompetensi yang dipercaya dunia industri.

Baca juga: Mahasiswa, Ini 5 Arsitek Kebanggaan Indonesia, Ada Ridwan Kamil

9 kategori DUDI Awards 2021

Dalam paket link and match 8 plus i ini juga mencakup pengembangan izin factory atau riset terapan dan komitmen serapan dari DUDI atas lulusan satuan vokasi.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.