Kompas.com - 15/11/2021, 16:23 WIB

KOMPAS.comKebiasaan hidup sehat adalah cara menjalani hidup dengan menjaga dan memaksimalkan fungsi tubuh agar berdampak baik pada tubuh.

Kebiasaan hidup sehat bisa dimulai dengan menjaga asupan makanan sehat dengan diet dan nutrisi, berolahraga, melakukan kegiatan positif untuk menghindari stres, dan lainnya.

Selain membuat tubuh lebih bugar, kebiasaan hidup sehat juga bisa meningkatkan imun, mencegah datangnya penyakit, hingga meningkatkan harapan hidup.

Meski demikian, kebiasaan hidup sehat tidak bisa datang begitu saja. Kebiasaan ini membutuhkan komitmen serius dan harus dilatih sejak dini.

Dalam hal menjalani hidup sehat, anak-anak cenderung meniru kebiasaan orangtua, termasuk menu yang dimakan hingga aktivitas fisik.

Baca juga: 4 Cara Memulai Gaya Hidup Sehat dengan Musik Rekomendasi Ahli

Survei Academy of Nutrition and Dietetics Foundation menyebutkan bahwa orangtua merupakan panutan utama yang paling diinginkan anak-anak mereka.

Sosok orangtua sebagai "contoh" bisa dibilang mengungguli para selebriti olahraga. Oleh karenanya, orangtua bertanggung jawab untuk mengajari anak-anak tentang kebiasaan hidup sehat.

Melansir dari beberapa sumber, berikut empat langkah yang bisa dilakukan orangtua untuk menstimulasi kebiasaan hidup sehat.

1. Diskusi keluarga

Dinamika keluarga akan berdampak pada kesehatan anak. Pola asuh sangat menentukan keterbukaan keluarga, lingkungan yang suportif, hingga aktivitas yang positif seperti kebiasaan hidup sehat.

Untuk mengajarkan kebiasaan hidup sehat, ajak anak berdiskusi dalam mengambil keputusan. Diskusi tersebut bisa seputar makanan dan waktu makan.

Baca juga: Alasan Pola Hidup Sehat Harus Dilakukan oleh Manusia

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.