Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

4 Cara Menstimulasi Kebiasaan Hidup Sehat pada Anak

Kompas.com - 15/11/2021, 16:23 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.comKebiasaan hidup sehat adalah cara menjalani hidup dengan menjaga dan memaksimalkan fungsi tubuh agar berdampak baik pada tubuh.

Kebiasaan hidup sehat bisa dimulai dengan menjaga asupan makanan sehat dengan diet dan nutrisi, berolahraga, melakukan kegiatan positif untuk menghindari stres, dan lainnya.

Selain membuat tubuh lebih bugar, kebiasaan hidup sehat juga bisa meningkatkan imun, mencegah datangnya penyakit, hingga meningkatkan harapan hidup.

Meski demikian, kebiasaan hidup sehat tidak bisa datang begitu saja. Kebiasaan ini membutuhkan komitmen serius dan harus dilatih sejak dini.

Dalam hal menjalani hidup sehat, anak-anak cenderung meniru kebiasaan orangtua, termasuk menu yang dimakan hingga aktivitas fisik.

Baca juga: 4 Cara Memulai Gaya Hidup Sehat dengan Musik Rekomendasi Ahli

Survei Academy of Nutrition and Dietetics Foundation menyebutkan bahwa orangtua merupakan panutan utama yang paling diinginkan anak-anak mereka.

Sosok orangtua sebagai "contoh" bisa dibilang mengungguli para selebriti olahraga. Oleh karenanya, orangtua bertanggung jawab untuk mengajari anak-anak tentang kebiasaan hidup sehat.

Melansir dari beberapa sumber, berikut empat langkah yang bisa dilakukan orangtua untuk menstimulasi kebiasaan hidup sehat.

1. Diskusi keluarga

Dinamika keluarga akan berdampak pada kesehatan anak. Pola asuh sangat menentukan keterbukaan keluarga, lingkungan yang suportif, hingga aktivitas yang positif seperti kebiasaan hidup sehat.

Untuk mengajarkan kebiasaan hidup sehat, ajak anak berdiskusi dalam mengambil keputusan. Diskusi tersebut bisa seputar makanan dan waktu makan.

Baca juga: Alasan Pola Hidup Sehat Harus Dilakukan oleh Manusia

Libatkan juga anak-anak dalam belanja makanan, menyiapkan makanan, hingga mendorong mereka berpartisipasi dalam memasak.

Begitu pula dengan waktu makan. Selain penting untuk kesehatan, hal ini juga mengajari anak-anak dengan komitmen dan tanggung jawab.

Pastikan anak-anak tahu bahwa mereka adalah bagian dari tim dan kesehatan dan kebiasaan hidup sehat adalah urusan penting. Hal yang sama juga berlaku untuk hal lain, seperti berolahraga.

2. Pilihan makanan

Hindari menghadiahi makanan atau melarang makanan tertentu kepada anak. Menggunakan makanan sebagai hadiah ketika anak memperoleh nilai yang baik dapat menciptakan hubungan yang tidak sehat dengan makanan.

Baca juga: Mengajari Anak Pemahaman Membaca Lebih Penting daripada Sering Membaca

Pelabelan seperti makanan “buruk” juga bisa menambah hasrat anak-anak untuk memakannya. Kenalkanlah juga jenis-jenis makanan sehat dan kapan harus memakannya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com