Kompas.com - 15/11/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi guru dan siswa di sekolah Dok. Ditjen GTK KemdikbudIlustrasi guru dan siswa di sekolah

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) kembali membuka seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Pengumuman dan Pemilihan Formasi II dimulai 15-19 November 2021.

Sekretaris Ditjen Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Ristek Nunuk Suryani mengatakan seleksi Tahap 2 terbuka bagi para guru untuk berkompetisi seluruhnya.

“Afirmasi untuk sekolah induk hanya diberikan di ujian tahap 1. Sedangkan ujian tahap 2 sudah terbuka berkompetisi seluruhnya dan dilihat nilai tertingginya. Baik guru induk atau noninduk, lulusan guru PPG, individu yang memiliki sertifikat guru, dan belum mengajar. Seleksi kedua boleh memilih sekolah lain dan bukan sekolah sendiri tetapi masih dalam satu daerah kewenangan,” terang Nunuk, dilansir dari laman Kemdikbud. 

Baca juga: Seleksi Guru PPPK Tahap 2, Ini Imbauan Kemendikbud untuk Guru Honorer

Mekanisme ujian, dipastikan Nunuk, masih sama dengan seleksi tahap 1.

“Bagi peserta yang belum maupun sudah lulus melewati NAB tetapi belum mendapat formasi, silakan daftar lalu memilih formasi lagi di SSCN BKN,” ujar Nunuk.

Jika yang dipilih mata pelajaran dan jenjang yang sama, maka nilai yang sudah diperoleh di ujian 1, yang sudah melebihi ambang batas, itu masih bisa digunakan. "Tetapi tetap harus daftar lagi untuk sebagai bukti sebagai peserta ujian kedua dan lalu nanti akan mendapat lokasi dan jadwal ujian,” jelas Nunuk.

Kriteria pendaftar seleksi guru PPPK Tahap 2

Sementara, untuk mendaftar seleksi guru PPPK Tahap 2, ada empat kriteria guru honorer yang dapat mengikuti seleksi PPPK tahap 2. Adapun kriteria yang dimaksud di antaranya:

1. Guru non-ASN yang mengajar di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh instansi daerah dan terdaftar sebagai guru di Dapodik yang tidak lulus seleksi kompetensi I

2. Tenaga Honorer Eks Kategori II sesuai database Tenaga Honorer Badan Kepegawaian Negara yang tidak lulus seleksi kompetensi I

3. Guru Swasta yang mengajar di Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat dan terdaftar sebagai guru di Dapodik

4. Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang belum menjadi guru dan terdaftar di database lulusan Pendidikan Profesi Guru Kemdikbudristek

Baca juga: Pelamar Guru PPPK 2021, Berikut Link Materi hingga Latihan Soal

Terkait seleksi PPPK tahap II, beberapa waktu lalu Nunuk juga berujar semua guru honorer terbuka untuk berkompetisi. Sebab, afirmasi guru honerer induk di sekolah negeri tidak akan berlaku untuk PPPK tahap II.

Pelamar tetap diminta selalu memantau perkembangan informasi pada laman resmi PPPK guru milik Kemendikbudristek di https://gurupppk.kemdikbud.go.id

Jadwal seleksi PPPK guru tahap II tahun 2021

  • Pengumuman dan Pemilihan Formasi: 15-19 November 2021
  • Pengumuman daftar peserta, waktu, dan tempat seleksi PPPK: 2 Desember 2021
  • Cetak Kartu Peserta Seleksi PPPK Guru:
  • 2-5 Desember 2021
  • Pelaksanaan Seleksi Kompetensi PPPK Guru tahap II: 6-10 Desember 2021
  • Pengumuman hasil Seleksi Kompetensi PPPK Guru tahap II: 16 Desember 2021
  • Masa Pengajuan Sanggah II: 17-19 Desember 2021
  • Masa Jawa Sanggah II: 19-25 Desember 2021
  • Pengumuman usai sanggah: 30 Desember 2021

Baca juga: 3 Keuntungan bagi Guru Honorer bila Menjadi Guru PPPK 2021

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.