Kompas.com - 14/11/2021, 21:29 WIB
ilustrasi herbal dan rempah-rempah. SHUTTERSTOCK/monticelloilustrasi herbal dan rempah-rempah.
|

KOMPAS.com - Indonesia memiliki beragam tanaman yang bisa dijadikan sebagai obat herbal. Bahkan obat-obatan herbal ini juga dipercaya bisa mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit.

Mengonsumsi obat herbal juga bisa untuk meningkatkan daya tahan tubuh, terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Dewan Profesor Senat Akademik Universitas Diponegoro (DP SA Undip) mendorong penggunaan obat herbal untuk meningkatkan imunitas menghadapi Covid-19.

Ketua Senat Akademik Universitas Diponegoro (Undip), Prof. Edy Rianto menyampaikan, obat herbal merupakan obat tradisional warisan nenek moyang di bidang kesehatan.

Baca juga: Unpad Buka Lowongan Kerja Jadi Tendik Tetap bagi Lulusan SMK-S1

Obat herbal untuk corona

Indonesia merupakan negara tropis yang mempunyai potensi tanaman yang secara turun temurun digunakan sebagai obat tradisional.

"Bahkan sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia sejak berabad silam memanfaatkan herbal untuk pengobatan dan juga kecantikan," kata Prof. Edy seperti dikutip dari laman Undip, Minggu (14/11/2021).

Edy menerangkan, ada beberapa obat herbal yang dipercaya bisa melawan Covid-19, antara lain:

  • Jahe merah
  • Kencur
  • Temulawak

"Ramuan tradisional sudah dipercaya ratusan tahun bisa menangani penyakit. Oleh karena itu, setiap ada penyakit yang mewabah, seperti Covid-19 ini pun obat tradisonal dipercaya sebagai salah satu untuk penanggulangan penyakit," jelasnya.

Baca juga: Siswa, Seperti Ini Tips Jalin Pertemanan yang Sehat

Obat herbal sudah dikenal sejak dulu

Sementara itu Ketua Dewan Profesor Undip, Prof. Purwanto menjelaskan, obat herbal sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak nenek moyang. Contohnya, masyarakat yang berusia 50 hingga 60 tahun, semasa kecil banyak diberi obat herbal jika mengalami sakit tertentu.

Menurutnya, seiring perkembangan zaman, obat herbal sangat menarik dikembangkan. Muncul beberapa penelitian bisa membuat obat herbal yang sifatnya tradisional dan dikenal sebagai jamu dibuat dengan kemasan modern dan higienis.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.