Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luncurkan Prodi Data Science, UBM Gelar Kompetisi "Pahlawan Data"

Kompas.com - 10/11/2021, 10:42 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Revolusi Industri 4.0 melahirkan kebutuhan sumber daya manusia unggul yang memiliki kompetensi dan pengalaman bidang data science yang diharapkan mampu menjadi penggerak pertumbuhan dan perkembangan bisnis secara menyeluruh.

Menjawab tantangan tersebut, Universitas Bunda Mulia terdorong ikut berkomitmen melahirkan SDM dengan keahlian data science yang dapat menjawab kebutuhan industri.

Salah satunya dengan menghadirkan Program Studi Data Science yang diharapkan akan mampu melahirkan profesional muda yang memiliki kompetensi ahli dalam memproses data dari sebuah permasalahan untuk menemukan solusi terbaik di berbagai bidang.

"Data Science diyakini mampu membawa transformasi juga inovasi yang perlu kita lakukan agar bangsa kita pun boleh menjadi bangsa yang dapat bersaing secara global," ungkap Young Dame R Napitupulu, Direktur Pemasaran UBM melalui rilis resmi (10/11/2021).

Ragam transformasi dan inovasi tersebut, jelas Young Dame, berhulu dari Artificial Intelligent (AI) atau kecerdasan buatan yang membuka peluang akan pengolahan data menjadi lebih maksimal.

Webinar dan kompetisi data science

“Berangkat dari kebutuhan transformasi tersebut, Universitas Bunda Mulia turut mengambil peran dalam pengembangan generasi muda di Indonesia agar memiliki kompetensi dan dapat berkompetisi secara global dalam pembelajaran literasi data," tegas Young Dame.

Prodi Data Science UBM, jelasnya, diharapkan menjadi ilmu terapan yang dapat mentranformasikan banyak aspek mulai dari gaya hidup hingga kebiasaan masyarakat dari berbagai sisi.

Baca juga: UMN Bakal Gelar Kuliah Data Science Gratis, Program Kampus Merdeka

"Ke depannya Program Studi Data Science diharapkan dapat membawa kita ke inovasi hidup yang lebih baik, dimana generasi muda yang fokus dalam pembelajaran data ini dapat menjadi ahli yang memiliki dampak positif bagi industri saat ini dan di masa depan," ungkap Young Dame.

Dalam rangkaian peluncuran prodi Data Science (10/11/2021), Universitas Bunda Mulia, bekerja sama dengan dua orang pakar data science dari industri akan mengadakan webinar bertajuk “Leading Towards The Bright Future”.

Webinar ini mengupas tuntas bagaimana data science menjadi sebuah keilmuan dan juga keahlian yang sangat dibutuhkan di dunia.

Selain webinar ini, akan diadakan juga kompetisi berhadiah jutaan rupiah untuk kategori Sekolah Menengah Atas (SMA) dan juga mahasiswa yang mengambil tema, “Pahlawan Data”.

Dalam kompetisi ini siswa SMA dan juga mahasiswa dapat unjuk gigi kemampuan melakukan riset, mengolah data, dan membuat presentasi terkait data yang didapatkan.

"Dengan prodi data science terbaru ini, UBM dengan tagline Bridging Education to the Real World akan terus melahirkan generasi-generasi muda ahli data penuh pretasi yang akan mengukir prestasi mereka di berbagai industri untuk memajukan bangsa Indonesia," tutup Young Dame.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com