Kompas.com - 09/11/2021, 06:23 WIB
Kampus Universitas Islam Indonesia (UII) di Yogyakarta (Dok. UII) Kampus Universitas Islam Indonesia (UII) di Yogyakarta
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Salah satu dosen dari Universitas Islam Indonesia (UII) Prof. Is Fatimah masuk dalam daftar 2 persen ilmuwan berpengaruh di dunia. 

Pemeringkatan "Top 2 Percent World Ranking Scientists" ini dipublikasikan Stanford University dan Elsevier BV di Oktober 2021.

Baca juga: 3 Dosen Undip Masuk Daftar Ilmuwan Berpengaruh di Dunia

Dia menjadi salah satu dari 58 ilmuwan Indonesia terpilih yang berasal dari berbagai lembaga riset dan perguruan tinggi.

Pemeringkatan ini diolah berdasarkan publikasi bereputasi oleh tim peneliti universitas negeri Paman Sam tersebut yang terdiri dari Prof. John Ioannidis, Jeroen Baas, dan Kevin Boyack.

Raihan Prof. Is Fatimah seakan menjadi kado spesial bagi UII, karena diperoleh hampir bersamaan dengan peringatan hari penemu yang jatuh tiap tanggal 9 November.

Selain mengajar di Jurusan Kimia FMIPA UII, Prof. Is memang telah lama dikenal sebagai sosok yang tekun meneliti bidang ilmu yang digelutinya.

Dia juga rajin mempublikasikan berbagai hasil penelitiannya dalam jurnal ilmiah bereputasi internasional serta mendaftarkan paten temuannya.

Hingga 2021, Prof. Is Fatimah berhasil mengantongi setidaknya 1.304 jumlah sitasi, 14 indeks-h Scopus, dan 17 indeks-h Google Scholar.

"Dalam 2 tahun terakhir saya memang lebih banyak berkolaborasi dengan kolega-kolega yang ada di luar negeri terutama untuk sharing facility. Tampaknya memanfaatkan kolaborasi yang positif itu sangat penting untuk membangun ide-ide pengembangan keilmuan," kata dia melansir laman UII, Senin (8/11/2021).

Selain itu, dia juga giat menulis, dengan karya 9 judul buku, 20 judul riset, dan lebih dari 115 jumlah publikasi ilmiah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.