Kompas.com - 07/11/2021, 16:07 WIB
|

KOMPAS.com - Kecelakaan tunggal yang menewaskan pasangan selebritas Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah di Tol Jombang arah Surabaya meninggalkan duka mendalam bagi banyak pihak.

Selain kecelakaan lalu lintas yang menewaskan Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah, kasus kecelakaan di jalan bebas hambatan atau jalan tol cukup sering terjadi.

Saat ini jalan tol di Indonesia pun makin banyak. Merangkum dari laman Badan Pengatur Jalan Tol, pembangunan jalan tol sebenarnya memiliki beberapa tujuan.

Seperti untuk memperlancar lalu lintas di daerah yang telah berkembang. Meningkatkan pelayanan distribusi barang dan jasa guna menunjang pertumbuhan ekonomi hingga meningkatkan pemerataan hasil pembangunan dan keadilan. 

Baca juga: PT Riung Mitra Lestari Buka Lowongan Kerja Lulusan S1/D4, Ayo Daftar

Namun fakta di lapangan, sejauh ini sudah banyak nyawa melayang akibat kecelakaan di jalur bebas hambatan.

Fatalitas kecelakaan di jalan tol juga sangat tinggi. Pasalnya, kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi saat melaju di jalan tol.

Kecelakaan di jalan bebas hambatan bisa disebabkan beberapa faktor. Seperti faktor pengemudi, faktor kendaraan, faktor lingkungan jalan, dan faktor cuaca. 

Merangkum dari akun Instagram Universitas Gadjah Mada (UGM), Minggu (7/11/2021), membagikan tips berkendara aman di jalan tol atau jalan bebas hambatan.

Baca juga: UM Surabaya Masuk Top 10 Universitas Terbaik Se-Surabaya Versi UniRank

Tips berkendara aman di jalan bebas hambatan

Menurut Peneliti Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) Iwan Puja Riyadi ada 5 tips yang bisa diterapkan agar aman saat berkendara melintasi jalan bebas hambatan.

1. Jaga kecepatan kendaraan tidak melebihi batas kecepatan yang berlaku.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.