Kompas.com - 07/11/2021, 15:47 WIB
Ilustrasi makanan diet DragonImagesIlustrasi makanan diet
|

KOMPAS.com - Punya tubuh ideal dan proporsional tentu diidamkan banyak orang. Namun, agar tubuh menjadi ideal butuh proses yang tak mudah. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.

Jika tak bisa menjaga pola makan sehat, maka nanti akan kelebihan berat badan. Hal ini akibat terlalu banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Sementara kalori yang dikeluarkan tidak sebanding dengan yang masuk, sehingga kalori tersebut menumpuk dan berubah menjadi lemak. Tentu dampaknya tubuh menjadi gemuk.

Baca juga: 5 Tips Diet Sehat dari Universitas Medan Area

Bagi yang ingin kurus atau menjalankan diet sehat, maka harus memilih makanan diet yang baik dikonsumsi sehari-hari.

Sebenarnya ada banyak makanan untuk diet sehat yang dapat Anda konsumsi. Namun, beberapa makanan diet sehat di bawah ini mungkin bisa jadi referensi Anda. Melansir laman Universitas Medan Area (UMA), ini 5 makanan diet sehat:

1. Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu makanan diet sehat yang paling sering dikonsumsi. Bahkan oatmeal bisa dibilang sebagai makanan diet sehat yang wajib ada setiap hari dalam menu Anda.

Sebuah studi yang dilakukan selama 6 tahun oleh para peneliti dari University of California telah membuktikan bahwa mengonsumsi outmeal sebagai menu diet sehat telah terbukti membantu menurunkan berat Anda.

Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa orang yang selalu sarapan dengan oatmeal, memiliki indeks massa tubuh lebih rendah ketimbang orang yang tidak sarapan sama sekali dan kelompok orang yang sarapan dengan menu lain. Hal ini terjadi karena oatmeal termasuk makanan yang mengandung serat tinggi dan nilai indeks glikemik yang rendah.

Kandungan protein, magnesium, fosfor, dan vitamin B1 dalam oatmeal juga berfungsi untuk menghasilkan energi sehingga membuat Anda tetap bersemangat untuk menjalani aktivitas.

2. Apel

Apel merupakan salah satu buah yang paling banyak disukai orang ketika sedang diet. Buah berwarna merah atau hijau ini memang memiliki kandungan zat gizi yang baik dan mampu membantu usaha Anda dalam menurunkan timbangan berat badan. Dalam satu buah apel ukuran kecil atau sekitar 85 gram, hanya terkandung 50 kalori dengan 12 gram karbohidrat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.