Fiksioner Indonesia

Fiksioner Indonesia merupakan sebuah komunitas bagi pengusaha muda, baik yang sudah memulai usahanya sejak usia SMA maupun pemuda yang memiliki minat dalam bidang kewirausahaan.

Fiksioner berperan sebagai wadah pengembangan guna mempersiapkan generasi muda masa kini untuk bersaing di ranah global di masa depan, memajukan kesempatan yang setara, dan untuk membantu membangun mata pencaharian yang lebih berkelanjutan bagi masyarakat yang mengandalkan pendapatan sehari-hari.

Fiksioner berupaya menciptakan iklim kewirausahaan yang nyaman dan menyenangkan untuk generasi masa kini sehingga dunia bisnis selayaknya menjadi seperti taman bermain, tempat berinovasi, bereksperimen, belajar, dan mengembangkan diri bagi mereka.

Raih Muri, FLES 2021 Nyalakan Semangat Wirausahawan Muda

Kompas.com - 05/11/2021, 14:53 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Penulis: Christianus Piguno Wardoyo | Divisi Research and Development Fiksioner Indonesia

KOMPAS.com - Fiksioner Light-Up Entrepreneurial Spirit (FLES) yang berlangsung bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2021 telah sukses digelar. Kegiatan ini diikuti 5.231 siswa SMA/SMK/MA dari 112 sekolah seluruh Indonesia.

Fiksioner Indonesia selaku panitia penyelenggara sukses mendapatkan piagam penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas rekor “Pelatihan Business Model Canvas secara Daring Kepada Siswa SMA Sederajat Terbanyak”.

Rangkaian acara dimulai dengan kegiatan Road to FLES 2021 pada 16 dan 23 Oktober 2021 yang membahas seputar design thinking serta business model bersama narasumber Radhika Mala, Founder Katalo dan Leo Kevin Napoleon, SME Development Shopee.

Rangkaian acara dilanjutkan pada 28 Oktober 2021 sebagai rangkaian acara puncak yang terdiri dari workshop Business Model Canvas (BMC) oleh Wulan Ayodya dari UKMKU.co.id. dan talkshow dengan narasumber Tyovan Ari Widagdo, CEO Bahaso.com; serta Wirda Mansur, CEO Millenial Anti Bokek.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Yayasan Ruang Inspirasi Muda dan juga Fiksioner Indonesia yang telah menginspirasi kita dan juga telah memfasilitasi peserta didik SMA untuk belajar hal-hal terkait dengan kewirausahaan, mari nyalakan semangat kewirausahaan,” ungkap Suhartono Arham, Direktur SMA Kemendikbud Ristek.

Berikut daftar peraih peserta terbaik, pembimbing terbaik, sekolah dengan kehadiran terbanyak, dan ranking BMC pada FLES 2021:

Baca juga: Webinar IPB: Jadi Entrepreneur Harus Siap Kerja Lebih Keras

Peserta terbaik

1. Albrian Fatih Prianda Kawiswata, SMAN 54 Jakarta
2. Nur Mazlina, SMAN 1 Kesamben
3. Christopher Pramisworo, SMAN 54 Jakarta
4. Abdullah, SMAN 2 Ponorogo
5. Nila Agustina Indartiningtyas, SMA PGRI 2 Kayen
6. Daniel Sudirjo, Sekolah Bogor Raya
7. Augista Eksofon Pradana, SMAN 9 Surabaya
8. Nayyara Ghania, SMAN 9 Surabaya
9. Hanun Azfa Faiza, SMAN 1 Tumenggung
10. Izzulhaq Ath Thoriq, SMAN 5 Surakarta

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.