Kompas.com - 03/11/2021, 13:22 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Prestasi mendunia kembali diraih Telkom University, kali ini salah satu dosen dan penelitinya masuk dalam daftar 2 persen ilmuwan terbaik dunia.

Prestasi "Top 2 Percent World Ranking Scientists" dikeluarkan Stanford University dan Elsevier BV per Oktober 2021.

Baca juga: Guru Besar Unand Ini Masuk Daftar Ilmuwan Berpengaruh Dunia

Dia adalah Suyanto yang merupakan dosen tetap yang mengajar di Fakultas Informatika.

Suyanto menjadi dosen di Telkom University sejak 1999 sampai dengan sekarang.

Puluhan jurnal ilmiah telah dikeluarkan Suyanto, sebanyak 19 Jurnal Internasional terindeks Scopus dan sebanyak 72 Prosiding Internasional terindeks Scopus.

Melalui tangan dinginnya, 4 inovasi, 8 paten dan 10 buku ajar telah dihasilkan pria kelahiran Jombang 47 tahun silam ini.

Suyanto merupakan alumni S1 Teknik Informatika 1993 Telkom University (dahulu STT Telkom), kemudian melanjutkan S2 di Chalmers University of Technology Swedia, dan menempuh pendidikan doktor di Universitas Gajah Mada (UGUM) pada 2012.

Dalam perjalanannya, Suyanto menceritakan, dirinya fokus pada penelitian di bidang Artificial Intelligence (AI), dengan sub bidang Machine Learning (ML) dan Swarm Intelligence (SI).

Ketertarikannya dalam bidang tersebut telah dirasakan sejak duduk di bangku kuliah semester 6 Prodi S1 Teknik dan Sistem Informatika STT Telkom. Lebih tepatnya 25 tahun  yang lalu.

Baca juga: 34 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2022

"Saya tertarik di bidang AI, karena AI memungkinkan komputer bisa diajari untuk melakukan berbagai pekerjaan dengan hasil yang sama (bahkan lebih baik) dibanding manusia," ung kap dia melansir laman Telkom University, Rabu (3/11/2021).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.