Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/11/2021, 12:51 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Ketika lulus kuliah, apa langkah selanjutnya? Tentu segera mencari pekerjaan. Tapi, apakah semua lulusan perguruan tinggi sudah siap bekerja?

Untuk menjawab itu, Pusat Pengembangan Karier Universitas Padjadjaran (Unpad) menggelar “Career Talk & Further Study Insight” secara daring, Sabtu (30/10/2021).

Adapun tujuannya agar para mahasiswa dan lulusan baru punya informasi mengenai persiapan karier di masa depan.

Baca juga: Akademisi Unpad: Seperti Ini Tips Memilih Produk Halal

Menurut Kepala Pusat Pengembangan Karier Dr. Rosaria Mita Amalia, M.Hum., tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan lebih banyak informasi tentang bagaimana mempersiapkan karier dengan baik sejak awal.

Selain itu juga memberikan informasi tentang studi dan beasiswa di Belanda dan Jepang. Acara ini sendiri merupakan bagian dari Unpad Virtual Job Fair 2021.

Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad Mohamad Fahmi, S.E., M.T., Ph.D., mengharapkan para peserta dapat mendapat inspirasi mengenai karier di masa depan melalui acara ini.

"Informasi dari para pembicara diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi mahasiwa mengenai apa yang akan mereka lakukan setelah lulus dari Unpad," ujar Fahmi seperti dikutip dari laman Unpad, Senin (1/11/2021).

Adapun webinar menghadirkan Team Leader Career Services & Psychologist dari Maastricht University Jerome de Liege, Appointed Representative of Hokkaido University Verawati, dan Senior Conselor at Grow Athila Kristi.

Empat kompetensi penting

Jerome memaparkan mengenai pentingnya memiliki kemampuan kerja atau employability dalam karier.

Dijelaskan Jerome, setidaknya ada empat kompetensi untuk memiliki kemampuan kerja, yaitu:

  • academic expertise and skills
  • self-awareness
  • adaptability
  • social responsibility

Terkait academic expertise and skills, Jerome menjelaskan bahwa hal tersebut terkait dengan pengetahuan dan kemampuan yang diperoleh dari pendidikan yang ditempuh.

Selain itu juga berhubungan dengan bidang studi hingga komptenesi lain seperti critical thinking, problem solving, dan information literacy.

Untuk self-awarenss, ialah pentingnya pengenalan diri seperti tujuan, kekuatan, kelemahan, serta nilai-nilai.

"Pengenalan diri merupakan hal yang harus dilakukan jika kita berbicara mengenai persiapan perjalanan karier," terang Jerome.

Baca juga: Mahasiswa, Ini Pentingnya Perencanaan Karier buat Kamu

Selain itu, kemampuan adaptasi juga penting dimiliki terutama dalam menghadapi dunia kerja yang terus mengalami perubahan. Kemampuan adaptasi juga diperlukan dalam perencanaan studi lanjut di lingkungan yang berbeda.

Tak hanya itu saja, Jerome juga menyebutkan pentingnya kemampuan sosial, dimana kemampuan ini diperlukan untuk membangun tim yang solid dan mengembangkan jejaring.

"Jangan lupakan jejaring. Jejaring juga berperan dalam menemukan pekerjaan yang tepat," tandas Jerome.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com