Kompas.com - 01/11/2021, 17:26 WIB
Ilustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi ShutterstockIlustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

 

KOMPAS.com - Ketika duduk di bangku perkuliahan, banyak kesempatan kegiatan yang dapat dicapai. Salah satunya, yakni magang dan menjadi penerima beasiswa.

Dua kegiatan itu memiliki segudang manfaat yang dapat menjadi penunjang di dunia perkuliahan.

Baca juga: Mahasiswa Meninggal Saat Diklat Menwa UNS, Rektor: Saya Minta Maaf

Seperti yang telah dicapai oleh Muhammad Hafizh Irhamna, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga (Fisip Unair) Angkatan 2018.

Hafizh, sapaan akrabnya, telah memiliki segudang prestasi dari program magang dan beasiswa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sebetulnya ada banyak program yang dapat mengasah kemampuan kalian selama menjadi mahasiswa, seperti magang, program beasiswa, organisasi, dan lain sebagainya. Semua itu bisa kalian pilih yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Seperti misalnya aku, memilih program magang dan beasiswa," kata dia melansir laman Unair, Senin (11/1/2021).

Tercatat, Hafizh pernah mengikuti program magang di dua perusahaan berbeda. Program magangnya yakni di Tiket.com dan Glints.

Hafizh kemudian memaparkan tentang tips untuk mengikuti magang.

"Saranku adalah kita bisa mengikuti program magang mulai dari semester 5. Karena di masa-masa awal perkuliahan, kita perlu memahami dulu tentang jadwal perkuliahan kita sebelum menentukan program magang yang sesuai," ungkap dia.

Menurut Hafizh, jika sudah bisa menyesuaikan antara kegiatan perkuliahan dengan magang, maka bisa mempersiapkan untuk lolos dalam program magang.

Baca juga: Webinar Unair Kenalkan 4 Jenis Diabetes dan Gejalanya

Dia menyebut, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah menentukan posisi pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang dan pengalaman yang dimiliki.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.