Kompas.com - 01/11/2021, 10:03 WIB
Komposer Alffy Rev, sosok di balik megahnya proyek Wonderland Indonesia. Instagram/@alffy_revKomposer Alffy Rev, sosok di balik megahnya proyek Wonderland Indonesia.
|

KOMPAS.com - Dulu, banyak orang menganggap sekolah di SMK kurang menarik. Bahkan ada stigma negatif bahwa siswa SMK banyak yang tawuran. Tetapi, kini lulusan SMK punya daya saing global.

Kini, pendidikan kejuruan mampu melahirkan lulusan yang unggul. Tentu, semua karena adanya revitalisasi SMK. Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Wikan Sakarinto.

Dalam webinar "Meraih Mimpi Bersama SMK" pada Kamis (28/10/2021), menurut Wikan, merevitalisasi SMK dengan sangat serius agar SMK ‘menikah’ dengan industri.

Baca juga: Ini 10 SMK Terbaik di Yogyakarta Berdasar UTBK 2021

"Jadi, kita mendorong seluruh SMK di Indonesia harus ‘link and match’ dengan industri guna melahirkan lulusan yang cocok dengan industri dan jadi entrepreneur," ujarnya dikutip dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi.

Dijelaskan, pembelajaran di SMK saat ini juga dilengkapi dengan adanya project based learning (PBL) yang kemudian menghadirkan banyak praktisi ahli industri yang diundang sebagai guru tamu untuk mengajar di SMK. Serta memberikan ilmu pengetahuan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh dunia industri.

Direktur SMK Wardhani Sugiyanto mengatakan, melalui pembelajaran yang dilakukan di SMK dapat membuat para siswa lebih terampil, serta menguasai bidang keahlian yang dimilikinya sehingga menjadi ahli di bidangnya.

"Lulusan SMK ini cukup banyak melahirkan orang-orang sukses. Yang pertama itu menguasai keahlian kejuruan lebih awal. Di perguruan tinggi itu dituntut memiliki satu bidang keilmuan yang spesifik untuk menjadi expert," katanya.

"Nah, SMK ini lulus mau masuk perguruan tinggi pun sudah memiliki hard skills dan soft skills, serta budaya kerja," imbuhnya.

Karena adanya revitalisasi itu, lulusan SMK banyak yang menjadi orang terkenal. Pembelajaran di SMK kini memang terbukti telah melahirkan lulusan yang hebat.

Baca juga: Lowongan Kerja Lulusan SMK Minggu Kelima Oktober: Alfamart-United Tractors Tbk

Alffy Rev: belajar sesuai passion

Salah satunya terlihat pada sosok Awwalur Rizqi Al-Firori atau yang kerap dikenal dengan Alffy REV.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.