Kompas.com - 29/10/2021, 10:34 WIB
Kompas.com masuk dalam 10 Media Massa Daring Terbaik dalam Penggunaan Bahasa Indonesia. Penghargaan ini diberikan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud Ristek menyambut Bulan Bahasa 2021. DOK. BPPB Kompas.com masuk dalam 10 Media Massa Daring Terbaik dalam Penggunaan Bahasa Indonesia. Penghargaan ini diberikan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud Ristek menyambut Bulan Bahasa 2021.

KOMPAS.com - Kompas.com masuk dalam "10 Media Massa Daring Terbaik dalam Penggunaan Bahasa Indonesia". Penghargaan ini diberikan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud Ristek menyambut Bulan Bahasa dan Sastra 2021.

Kompas.com masuk sebagai media massa daring yang menggunakan bahasa Indonesia dengan baik bersama dengan media daring seperti Republika.co.id, Detik.com, Alinea.id, Bernas.id, Solopos.com, Bisnis.com, Solotrust.com, MNC Triyajaya dan Bola.com.

 

Sejak tahun 1980 Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menetapkan bulan Oktober sebagai bulan bahasa yang menjadi pusat seluruh kegiatan kebahasaan di Indonesia.

Bulan Bahasa dan Sastra dijadikan ajang berkarya dan berekspresi, ajang peningkatan kualitas berbahasa Indonesia, ajang perlombaan bagi masyarakat sekaligus ajang berdiskusi.

Dalam puncak perayaan bulan Bahasa dan Sastra tahun 2021 diadakan berbagai perlombaan yang diikuti siswa dari jenjang PAUD hingga perguruan tinggi. Bahkan siswa disabilitas juga bersemangat mengikuti perlombaan di bulan Bahasa dan Sastra kali ini.

Dalam bulan Bahasa dan Sastra ini, diberikan apresiasi dengan penilaian terhadap dua kategori. Yaitu penilaian penggunaan bahasa Indonesia Indonesia di media massa daring dan penilaian terhadap penggunaan bahasa Indonesia di media sosial Kementerian atau Lembaga.

Baca juga: Tips Pemulihan Pasca-infeksi Covid-19 dari Dokter RSA UGM

Selain itu rangkaian bulan Bahasa dan Sastra juga diisi dengan kompetisi lomba cerdas mengulas buku, lomba mendongeng bagi penyandang disabilitas netra, pesan pujangga, simulasi kebahasaan dan kesastraan.

Ada juga festival virtual pembacaan naskah lakon, debat bahasa antarmahasiswa se-Indonesia, festival video padanan istilah (pasti) hingga festival digital musikalisasi puisi.

Baca juga: Mahasiswa Unpad Peraih Medali PON XX Dapat Insentif dari Kampus

Apresiasi terhadap medsos kementerian dan lembaga

Berikut daftar kementerian atau lembaga yang mendapatkan apresiasi untuk kategori penggunaan bahasa Indonesia di media sosial:

1. Arsip Nasional Indonesia (@arsipnasionalri)
2. Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (@bappenasri)
3. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia (@perekonomianri)
4. Majelis Permusyawaratan Rakyat (@mprgoid)
5. Kementerian Investasi Indonesia (@bkpm_id)
6. Kementerian Luar Negeri (@kemlu.ri)
7. Perpusatakaan Nasional RI (@perpusnas.go.id)
8. Kementerian Sekretariat Negara Indonesia (kemensetneg.ri)
9. Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (@bnptri)
10. Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Indonesia (@polhukamri)

Baca juga: Fresh Graduate, Ini Cara Kirim Email Lamaran Kerja Pasti Dilirik HRD

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.