Kompas.com - 29/10/2021, 09:54 WIB
Universitas Brawijaya ShutterstockUniversitas Brawijaya

KOMPAS.com - Universitas Brawijaya (UB) resmi menyandang gelar perguruan tinggi negeri berbadan hukum atau PTN-BH pada 18 Oktober 2021.

Dengan status itu, UB menjadi perguruan tinggi ke-14 di Indonesia dengan status PTN-BH. UB juga lebih bebas mengelola keuangan dan menetapkan program studi baru.

Rektor UB, Prof. Nuhfil Hanani AR menyampaikan dengan adanya perubahan status UB dari PTN-BLU menjadi PTN-BH, maka UB memiliki otonomi penuh untuk mengelola akademik, keuangan, serta birokrasi kelembagaan.

“Yang akan kita kembangkan tentunya prodi yang dibutuhkan masyarakat di masa depan, serta mengacu pada prodi internasional. Karena UB tidak didesain untuk mahasiswa nasional saja tetapi juga untuk mahasiswa asing. Prodi baru ini nantinya tetap akan diakreditasi oleh BAN-PT, bahkan akreditasi internasional,” jelas rektor seperti dilansir dari laman UB.

Baca juga: Lulusan 8 Kampus Ini Cepat Dapat Kerja, Ada Kampus Kamu?

Dalam hal keuangan, lanjut dia, UB masih mendapatkan alokasi dana APBN, serta dapat leluasa membangun badan usaha yang dikelola secara mandiri.

“PTN-BH diberi wewenang mencari pendapatan untuk universitas dengan mendirikan perusahaan seperti Perseroan Terbatas, hotel, bekerja sama dengan perusahaan, menjual inovasi teknologi, atau lainnya,” kata rektor.

Rektor memastikan PTN-BH tidak berdampak pada komersialisasi pendidikan.

Hal tersebut ditegaskan oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Prof. Gugus Irianto.

Ia menuturkan, PTN baik dengan status BH, BLU, maupun Satker, memegang prinsip nirlaba.

“Meskipun saat ini UB memiliki fleksibilitas lebih tinggi dibandingkan saat berstatus BLU, namun UB tetap memperhatikan aturan-aturan yang berlaku. Kita tidak bisa mengelola organisasi milik negara semaunya sendiri. Namun tetap taat asas dan aturan,” papar Prof. Gugus.

Baca juga: Cara Belajar Jan Meyer, Peraih IPK Tertinggi ITB 2021

Di akhir acara, rektor berharap dengan menjadi PTN-BH, UB dapat mencapai visinya menjadi universitas kelas dunia.

“Saat ini UB sudah diakui dalam pemeringkatan internasional. Bahkan dari 12 pemeringkatan Times Higher Education by Subject, UB masuk dalam 7 subject ranking dunia, dan kita ditarget menjadi universitas dengan peringkat 500+ dunia pada tahun 2025. Untuk itu dengan PTN-BH diharapkan dapat meningkatkan daya saing UB baik nasional maupun internasional,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.