Kompas.com - 28/10/2021, 22:26 WIB
Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah. KOMPAS.COM/DOK UNSOEDUniversitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah.
|

KOMPAS.com - Menimba ilmu bisa dilakukan di mana saja. Terutama bagi mahasiswa, kuliah di kampus sudah menjadi hal yang wajar. Tetapi jika bisa kuliah di luar kampus dan di luar negeri tentu bakal berbeda.

Salah satu hal penting yang dapat diraih saat menempuh perkuliahan adalah berbagai pengalaman. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) mengantarkan mahasiswa dapat menyerap pengalaman lebih luas.

Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) merupakan salah satu program yang memberikan kesempatan luas bagi mahasiswa Indonesia menyerap pengalaman berharga dari kampus ternama di Luar Negeri.

Baca juga: Dosen Harus Ramah pada Mahasiswa

Salah satunya seperti yang dialami oleh Terra Dei Alibazah, mahasiswi Jurusan Matematika, Fakultas MIPA Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed).

Terra mendapatkan kesempatan menempuh semester di salah satu kampus ternama di Amerika Serikat yaitu University of California Davis (UC Davis), USA.

Menurut dua, hal ini seperti mimpi yang menjadi kenyatakan karena ia memang memendam keinginan dapat studi di Amerika.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya selalu ingin belajar di Amerika, terlebih di salah satu Kampus ternama seperti UC Davis," ujarnya seperti dikutip dari laman Unsoed, Kamis (28/10/2021).

Melalui program IISMA ini, Terra mengungkapkan tidak sekedar menyerap pengalaman studi namun juga banyak pengalaman lainnya.

"Dengan program ini saya juga bisa mempelajari budaya baru, ilmu yang lebih luas, melengkapi softskill dan hardskill, serta kemampuan komunikasi," tuturnya.

Dia berharap nantinya semakin banyak mahasiswa Unsoed yang berkesempatan mengikuti IISMA ini. "Seleksinya memang cukup ketat, namun dengan berusaha tidak ada yang tidak mungkin," jelasnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.