Kompas.com - 27/10/2021, 07:12 WIB
Ilustrasi Mahasiswa DOK. PIXABAYIlustrasi Mahasiswa
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merangkul Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam mengajak mahasiswa agar bisa meningkatkan literasi keuangan digital.

Hal ini dimaksudkan dengan harapan mahasiswa bisa menjadi pioneer serta perpanjangan tangan (agent) OJK dalam memberikan literasi keuangan digital ke masyarakat.

Baca juga: Guru Besar Unair: Orang Hidup Miskin Bukan karena Malas Kerja

Menurut Kepala Kantor OJK Regional IV Wilayah Jawa Timur Bambang Mukti Riyadi, pertumbuhan fintech memang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari karena telah merambah pada semua lini masyarakat.

Berbagai transaksi keuangan sudah dilakukan secara digital atau cashless, baik berbelanja kebutuhan harian di pasar, alat transportasi, serta kebutuhan pendidikan.

Disebutkan fintech dapat menjadi salah satu solusi dalam rangka mempercepat digitalisasi sektor jasa keuangan guna mengakselerasi program pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19.

"Namun dalam proses adopsi layanan fintech tersebut masih terdapat tantangan yang besar, khususnya terkait tingkat literasi layanan keuangan digital pada masyarakat Indonesia," ungkap dia melansir laman ITS, Selasa (26/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bambang memaparkan ketidakselarasan antara perkembangan layanan keuangan digital yang masif dengan rendahnya tingkat literasi masyarakat yang tentunya akan menjadi dampak buruk dalam perkembangan keuangan di Indonesia.

"Seperti, terjadinya kasus praktik investasi bodong atau biasa kita sebut sebagai Ponzi Scheme," jelasnya.

Baca juga: Kemendikbud Ristek: Saatnya Mahasiswa Kembali ke Kampus

Senada dengan Bambang, Deputi Komisioner OJK Institute dan Keuangan Digital, Imansyah menjelaskan, OJK telah berperan aktif dalam upaya peningkatan literasi keuangan digital dan kasus literasi keuangan sedari dini.

"Salah satunya adalah dengan meluncurkan program DFL ini," papar dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.