Kompas.com - 26/10/2021, 12:43 WIB
Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek menggelar Lomba Kompetensi Siswa Nasional atau LKSN 2021. Pada tahun ini, ada dua jenjang dalam LKSN, yaitu Sekolah Menengah Kejuruan (LKS SMK) dan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (LKSN PDBK). DOK. PUSPRESNASPusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek menggelar Lomba Kompetensi Siswa Nasional atau LKSN 2021. Pada tahun ini, ada dua jenjang dalam LKSN, yaitu Sekolah Menengah Kejuruan (LKS SMK) dan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (LKSN PDBK).

KOMPAS.com - Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek menggelar Lomba Kompetensi Siswa Nasional atau LKSN 2021. Pada tahun ini, ada dua jenjang dalam LKSN, yaitu Sekolah Menengah Kejuruan (LKS SMK) dan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (LKSN PDBK).

LKS SMK dilaksanakan pada 24-30 Oktober 2021 dengan tema “Bersama Talenta SMK Berprestasi, Melangkah Pasti Membangun Negeri”. Sedangkan untuk LKSN PDBK dilaksanakan pada 25-29 Oktober 2021 dengan tema “Berinovasi untuk Kebangkitan Negeri”.

Seleksi LKS SMK dan LKSN PDBK dilakukan secara berjenjang dengan berbagai platform digital, mulai dari tingkat provinsi hingga nasional.

Tahun ini, peserta LKS SMK nasional berjumlah 1.074 siswa dari 34 provinsi di 1.023 kabupaten/kota serta 1.068 sekolah. Sedangkan untuk LKSN PDBK, peserta yang mengikuti lomba adalah sebanyak 265 siswa.

Pada LKS SMK, ada 45 bidang lomba dan 2 bidang lomba eksebisi. Dari 45 lomba tersebut dikategorikan menjadi 6 kelompok, yaitu kelompok konstruksi, teknologi bangunan dan agribisnis; kelompok seni kreatif dan fashion.

Selain itu masih ada kelompak bidang lomba; teknologi informasi dan komunikasi; kelompok teknologi manufaktur dan rekayasa; kelompok pariwisata, layanan sosial dan individual; serta kelompok transportasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk jenjang LKSN PDBK, ada 9 lomba yang dikompetisikan, yaitu membatik, kriya kayu, tata boga, kecantikan, merangkai bunga, menjahit, teknologi informasi, hantaran, dan kreasi barang bekas.

Selain itu, dalam penyelenggaraan LKSN 2021 juga diikuti dengan kegiatan penunjang lainnya seperti pameran digital, webinar, job matching online, dan berbagi pengetahuan (sharing knowledge).

Juri yang berperan dalam LKS SMK dan LKSN PDBK diambil dari berbagai pihak seperti para akademisi, dunia usaha/dunia industri, serta para praktisi lainnya.

Baca juga: Puspresnas dan Universitas Telkom Gelar Gemastik XIV Perkuat Literasi Digital

Jembatan dunia kerja

“Kegiatan ini mempunyai tantangan yang sedikit berbeda dengan kompetisi lainnya karena memerlukan interaksi fisik sangat kuat walaupun sedang menerapkan protokol kesehatan," jelas Plt. Puspresnas Asep Sukmayadi dalam sambutan pembukaan (25/10/2021).

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.