Kompas.com - 25/10/2021, 20:01 WIB
Universitas Airlangga Dok. UnairUniversitas Airlangga

KOMPAS.com - Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR) beberapa telah merilis hasil pemeringkatan by subject atau berdasarkan bidang ilmu tahun 2022.

Fakultas Hukum (FH) Universitas Airlangga (Unair) menempati urutan pertama dan menjadi satu-satunya di Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan untuk kategori "law".

Dekan FH Unair, Iman Prihandono merasa bangga sekaligus tak menyangka. Sebab, tahun ini merupakan pertama kalinya bagi FH Unair ikut serta dalam pemeringkatan THE.

Meski berat, lanjut dia, prestasi itu bakal jadi standar capaian baru.

“Waktu kita umumkan, respon dari FH Unair, dari alumni, dosen, tendik, serta mahasiswa senang dan bangga atas capaian ini,” ujarnya dalam Unair News, Senin (25/10/2021).

Baca juga: 7 Kampus Jurusan Ilmu Sosial Terbaik Indonesia 2022 Versi THE

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Unair unggul pada publikasi internasional

THE WUR sendiri dikenal menetapkan syarat yang cukup ketat dalam setiap proses seleksi. Salah satunya, sebut Iman, jumlah publikasi per tahun sedikitnya telah mencapai 100 publikasi.

Pada kategori publikasi internasional, Unair mendapatkan nilai yang paling menonjol.

Tercatat, FH mendapat poin 6,13 untuk kategori research. Disusul kategori citation dengan poin 4,03, lalu teaching, internasional outlook, dan kategori industry income.

Ia menjelaskan, poin research yang dinilai oleh THE adalah gabungan dari banyak jenis publikasi yang dilakukan FH Unair. Di antaranya mulai dari publikasi terindeks Scopus, publikasi internasional, nasional hingga prosiding.

Iman memaparkan, FH Unair telah memulai internasionalisasi sejak tahun 2008. Beragam asa dilakukan, di antaranya dengan mengadakan konferensi internasional, mengundang pembicara asing, hingga mengirim dosen untuk belajar ke luar negeri.

Baca juga: 10 Kampus Jurusan Ekonomi-Bisnis Terbaik Indonesia 2022 Versi THE

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.