Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/10/2021, 20:01 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR) beberapa telah merilis hasil pemeringkatan by subject atau berdasarkan bidang ilmu tahun 2022.

Fakultas Hukum (FH) Universitas Airlangga (Unair) menempati urutan pertama dan menjadi satu-satunya di Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan untuk kategori "law".

Dekan FH Unair, Iman Prihandono merasa bangga sekaligus tak menyangka. Sebab, tahun ini merupakan pertama kalinya bagi FH Unair ikut serta dalam pemeringkatan THE.

Meski berat, lanjut dia, prestasi itu bakal jadi standar capaian baru.

“Waktu kita umumkan, respon dari FH Unair, dari alumni, dosen, tendik, serta mahasiswa senang dan bangga atas capaian ini,” ujarnya dalam Unair News, Senin (25/10/2021).

Baca juga: 7 Kampus Jurusan Ilmu Sosial Terbaik Indonesia 2022 Versi THE

Unair unggul pada publikasi internasional

THE WUR sendiri dikenal menetapkan syarat yang cukup ketat dalam setiap proses seleksi. Salah satunya, sebut Iman, jumlah publikasi per tahun sedikitnya telah mencapai 100 publikasi.

Pada kategori publikasi internasional, Unair mendapatkan nilai yang paling menonjol.

Tercatat, FH mendapat poin 6,13 untuk kategori research. Disusul kategori citation dengan poin 4,03, lalu teaching, internasional outlook, dan kategori industry income.

Ia menjelaskan, poin research yang dinilai oleh THE adalah gabungan dari banyak jenis publikasi yang dilakukan FH Unair. Di antaranya mulai dari publikasi terindeks Scopus, publikasi internasional, nasional hingga prosiding.

Iman memaparkan, FH Unair telah memulai internasionalisasi sejak tahun 2008. Beragam asa dilakukan, di antaranya dengan mengadakan konferensi internasional, mengundang pembicara asing, hingga mengirim dosen untuk belajar ke luar negeri.

Baca juga: 10 Kampus Jurusan Ekonomi-Bisnis Terbaik Indonesia 2022 Versi THE

“Poin tertinggi di THE adalah publikasi. Kita ada peningkatan publikasi sejak tahun 2017, puncaknya pada 2019. Kita menuainya sekarang, di 2021,” sebutnya.

Prestasi FH Unair sebagai bidang ilmu terbaik di Indonesia versi THE WUR, terang Iman, tentu menambah semangat bagi seluruh sivitas agar selalu memberikan yang terbaik.

Ia berharap, FH Unair dapat mempertahankan capaian sebagai bidang ilmu terbaik di Indonesia dan menjadi lebih baik lagi.

“Pengakuan internasional bukanlah tujuan utama, melainkan hanya bonus. Yang utama adalah penelitian dan memberikan dampak yang lebih baik pada keilmuan,” pungkas Iman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com