Kompas.com - 25/10/2021, 08:58 WIB
Gedung Rektorat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Tangkap layar laman ITSGedung Rektorat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.
|

KOMPAS.com - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menjadi perguruan tinggi paling banyak meraih juara pada kontes bidang perkapalan tingkat nasional 2021.

Adapun Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2021 digelar di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), pada 20-23 Oktober 2021.

Sebagai penyelenggara ialah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

Baca juga: ITS Inovasi Mesin Pemipil Jagung Otomatis

Pada kesempatan itu, Plt. Kepala Pupresnas, Asep Sukmayadi memberikan ucapan selamat pada para pemenang KKCBTN 2021.

"Bagi yang belum menjadi pemenang, kami yakin kalian adalah tetap para juaranya. Paling tidak juara yang sudah mengalahkan keengganan untuk mencoba, berkarya dan berinovasi. Terus buktikan diri bahwa adik-adik adalah pemenang," terangnya seperti dikutip dari laman Kemendikbud Ristek, Minggu (24/10/2021).

Menurut Asep Sukmayadi, kontes kapal cepat ini merupakan wadah pengembangan talenta bidang teknik dan desain perkapalan khususnya desain dan performa kapal cepat tak berawak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Melalui kontes ini, pemerintah ingin terus menanamkan kesadaran pada generasi muda bahwa kita (Indonesia) adalah negara maritim terbesar di dunia," ujarnya.

Maka, bangsa Indonesia memerlukan sumber daya muda yang memiliki kesadaran yang dalam tentang literasi spasial.

"Kesadaran akan kedudukan bumi dan tanah air Ibu Pertiwi, bahwa secara geostrategis dan geopolitis, kita tiada bandingannya," kata Asep Sukmayadi.

Dalam laporannya, Ketua Panitia KKCTBN 2021, Zamzami Septiropa menyampaikan bahwa tahun ini kontes kapal cepat tak berawak tingkat nasional dilaksanakan secara hybrid.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.