Kompas.com - 23/10/2021, 17:49 WIB
Ilustrasi wisudawan IPB University. DOK.Laman IPBIlustrasi wisudawan IPB University.
|

KOMPAS.com - Bisa memiliki gelar profesor tidak bisa dicapai dalam waktu singkat. Butuh perjuangan dan usaha hingga seorang akademisi bisa meraih gelar akademik tertinggi tersebut.

Seorang akademisi perlu memiliki ijazah Doktor (S3) atau yang sederajat. Tak hanya itu, agar bisa mendapatkan gelar ini seseorang perlu memiliki karya ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi.

Memiliki gelar profesor memiliki tanggung jawab terhadap bidang keilmuan yang didalami. Hal ini dibahas dalam acara 'Professor Insight' yang rutin diadakan Institut Pertanian Bogor (IPB) University.

Pada acara kali ini, tema yang diangkat yakni kisah, perjuangan dan strategi menjadi seorang guru besar.

Baca juga: Demam Hallyu, Kenali Jurusan Sastra Korea dan Prospek Kerjanya

Butuh mindset kuat untuk meraih gelar profesor

Rektor IPB University Prof. Arif Satria mengatakan, proses untuk memiliki gelar ini butuh mindset kuat bahwa bisa mencapainya. Menurutnya, yang paling penting adalah menjaga semangat harus selalu ada.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dengan semangat yang kuat ingin menjadi profesor, kita juga bisa memberikan semangat untuk yang lain," kata Rektor IPB University Prof. Arif Satria seperti dikutip dari laman IPB, Sabtu (23/10/2021).

Rektor IPB menjelaskan, jika terjadi suatu dinamika adalah hal yang biasa. IPB University berusaha semaksimal mungkin menyediakan instrumen-instrumen yang dapat memudahkan para dosen dalam proses meraih gelar profesor.

Baca juga: Kokola Biskuit Buka 9 Lowongan Kerja Lulusan SMA/SMK hingga S1

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Sumberdaya, Perencanaan dan Keuangan IPB Prof. Agus Purwito menambahkan, kenaikan pangkat itu adalah kewajiban sekaligus hak untuk dapat mengembangkan karier.

Menurutnya, guru besar itu bukan gelar, tetapi jabatan. Jabatan guru besar harus diraih. Saat ini jumlah guru besar di IPB University sudah ada 202 orang.

"Persiapan terkait dokumen perlu dilakukan agar dapat diberikan tips para pembicara di acara 'Professor Insight'. Saya berharap acara ini dapat menginspirasi dan dapat memberikan pengalaman dari pembicara," papar Prof. Agus.

Baca juga: Berhadiah Teleskop, Itera Adakan Lomba Cerdas Cermat Astronomi

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.