Kompas.com - 23/10/2021, 16:23 WIB
ilustrasi nugget frozen. SHUTTERSTOCK/Shebekoilustrasi nugget frozen.
|

KOMPAS.com - Politeknik Pertanian (Politani) Pangkep Sulawesi Selatan punya dua program unggulan. Yakni smart fishing dan smart aquacultur system.

Tentu, kedua program itu untuk mendorong perekonomian masyarakat sekitarnya. Kedua program tersebut mampu memproduksi kopi bubuk kemasan serta pengolahan hasil perikanan, seperti nugget dan frozen food.

Menurut Direktur Politani Pangkep, Darmawan, melalui program unggulan smart fishing dan smart aquacultur system, diharapkan dapat melahirkan lulusan yang dapat menciptakan lapangan kerja.

Baca juga: Mahasiswa Vokasi IPB Asah Soft Skill dengan Cara Ini

Serta maupun mengelola bidang usaha berdasarkan kekayaan lokal yang dimiliki oleh Makassar. Sehingga, hal tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

"Kami memang punya dua program unggulan, yaitu smart fishing dan smart aquacultur," ujarnya seperti dikutip dari laman Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Kamis (21/10/2021).

Program itu diharapkan bisa mencetak lulusan yang menjadi problem solver dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena letak geografis Makassar yang strategis membuat Makassar menjadi salah satu tujuan dari Politani Pangkep agar bisa menghasilkan sumber daya manusia (SDM).

Tentu yang dapat mendorong perekonomian masyarakat sekitar, khususnya di bidang usaha pertanian, perikanan, serta perkebunan.

Terkait produksi kopi, Politani Pangkep memfasilitasi mahasiswa dengan berbagai mesin kopi, mulai dari:

1. haller (pemisahan kulit dan biji)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.