Kompas.com - 23/10/2021, 10:02 WIB
Ilustrasi otak PIXABAY.comIlustrasi otak
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Otak merupakan organ paling penting pada manusia. Anatomi otak terbagi dalam 3 bagian utama, yaitu otak besar (cerebrum), otak kecil (cerebellum), serta batang otak. Ketiga bagian otak ini saling bekerja sama untuk menjalankan sistem tubuh.

Untuk mengatur kegiatan manusia, otak juga terbagi menjadi dua sisi yakni otak kanan dan otak kiri. Keduanya memiliki perbedaan yakni pada jenis pemikiran yang dihasilkan.

Otak kanan merupakan bagian otak yang memproses kreativitas untuk berimajinasi dan berpikir tentang seni. Sedangkan otak kiri banyak memikirkan hal analitis dan matematis.

Merangkum dari laman Ruang Guru, Jumat (22/10/2021), ada banyak mitos yang beredar mengenai aktivasi otak tengah.

Baca juga: Mahasiswa, Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Lanjut Kuliah S2

Aktivasi otak tengah ini dipercaya dapat membuka jembatan yang menghubungkan dan menyeimbangkan fungsi dari otak kanan dan otak kiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengenal otak tengah

Otak tengah atau mesencephalon atau midbrain adalah area otak yang menghubungkan otak depan (forebrain) dan otak belakang (hindbrain). Fungsi otak tengah adalah untuk mengontrol respon penglihatan, pendengaran, gerakan bola mata dan dilasi pupil, gerakan motorik, kewaspadaan (alertness) serta mengatur suhu tubuh.

Otak tengah memiliki cara kerja dimulai dari datangnya impuls dari sumsum tulang belakang dan saraf tepi. Sumsum tulang belakang dan saraf tepi memberikan impuls ke otak besar sebagai pusat kendali anggota tubuh. Impuls kemudian dikirim melewati batang otak sebagai jembatan otak kecil dan otak besar. 

Kemudian di batang otak terdapat jembatan varoli (pons varoli) yang letaknya di depan otak kecil yang meneruskan impuls dari otak besar. Setelah itu, impuls tersebut direspon disesuaikan dengan keadaan di mana respon akan ditujukan.

Baca juga: Daftar Tokoh Dunia Lulusan Harvard University, Ada Barack Obama

Apa itu aktivasi otak tengah?

Beberapa waktu yang lalu sempat marak adanya program aktivasi otak tengah. Dalam program ini disebutkan bahwa dengan mengikuti program ini kinerja otak tengah akan mengalami peningkatan dan seketika menjadi genius.

Beberapa metode yang dilakukan dalam program itu ialah metode Blindfold Reading (BFR) dan Kinesiologic Imagination Program (KIR). Metode BFR merupakan metode belajar dengan mata tertutup, sedangkan metode KIR adalah metode memasukkan informasi ke dalam pikiran bawah sadar seseorang dengan bantuan sentuhan.

Baca juga: Definisi dan Keuntungan Blended Learning, Mahasiswa Perlu Tahu

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.