Kompas.com - 22/10/2021, 11:37 WIB
Ilustrasi investasi. FREEPIK/PVPRODUCTIONSIlustrasi investasi.

KOMPAS.com - Jika dulu investasi identik dengan mereka yang sudah berusia tua, seiring berjalannya waktu, investasi kini bukan lagi "barang mewah".

Siapa saja dengan usia berapa pun bisa memulainya. Bahkan, sejumlah jenis investasi memudahkan anak muda yang memiliki penghasilan terbatas untuk memulainya.

Bagi kamu yang belum pernah berinvestasi sebelumnya dan merasa bingung memilih instrumen apa yang paling cocok untukmu, beberapa tips ini bisa dilakukan, merangkum laman Binus University:

Baca juga: Beasiswa S2 Jepang 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 18 Juta Per Bulan

1. Tentukan tujuan investasi

Hal pertama yang harus kamu lakukan namun kerap dilupakan saat ingin memulai investasi adalah menentukan tujuan berinvestasi.

Apakah kamu berencana investasi jangka panjang, menengah, atau pendek? Pasalnya, setiap jenis investasi biasanya memiliki tingkat kecocokan yang berbeda dengan tujuanmu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika kamu ingin berinvestasi jangka panjang, emas masih jadi pilihan terbaik saat ini.

Sementara itu, investasi jangka menengah hingga jangka panjang memiliki banyak sekali pilihan seperti saham, deposito, obligasi negara, sampai peer-to-peer lending.

2. Perhatikan risikonya

Pahami bila setiap produk investasi yang tersedia di pasaran tidak hanya bisa memberimu keuntungan tetapi juga kerugian.

Makin tinggi keuntungannya, biasanya risikonya juga makin besar. Begitu juga sebaliknya. Dengan kata lain, kalau kamu sudah berani mengambil peluang untuk sebuah return yang besar, artinya kamu juga sudah siap dengan kerugiannya.

Baca juga: Lulusan 8 Kampus Ini Cepat Dapat Kerja, Ada Kampus Kamu?

Sebaliknya, kalau kamu merasa belum siap dengan produk investasi yang terlalu berisiko, belilah instrumen yang aman dan mudah kamu pahami. Dengan begitu, kamu tidak akan terkejut nantinya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.