Kompas.com - 22/10/2021, 09:35 WIB
University of Glasgow Yunanto Wiji UtomoUniversity of Glasgow

KOMPAS.com - Dina Rizqyatuzzahra, Mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat Unsoed Angkatan 2018 percaya bahwa kesempatan tak selalu datang dua kali.

Inilah yang membuatnya bersemangat mengikuti pertukaran mahasiswa ke luar negeri melalui Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2021 yang diselenggarakan Kementerian, Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Dina berhasil lolos seleksi dan mendapat kesempatan untuk menempuh satu semester di salah satu Kampus ternama dunia yaitu University of Glasgow (U0fG), United Kingdom (UK).

Baca juga: Mahasiswa Bersiap, IISMA 2022 Kemendikbud Bakal Gandeng Kampus Top Dunia

Dina mengatakan, program IISMA yang merupakan program beasiswa kerja sama dari Kemendikbud Ristek dan LPDP merupakan kesempatan emas bagi teman-teman mahasiswa yang ingin mendapatkan pengalaman baru dengan belajar selama satu semester di kampus impian luar negeri.

“Dengan mengikuti program ini, kita dapat menambah wawasan mengenai negara yang kita kunjungi dan menambah ilmu pengetahuan yang tidak diajarkan di kampus tempat kita belajar di Indonesia,” ungkapnya seperti dilansir dari laman Dikti Kemendikbud, Jumat (22/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kiat Dina lolos IISMA 2021

Alasan Dina memilih University of Glasgow buka tanpa alasan. Ia mengungkapkan bahwa University of Glasgow merupakan salah satu universitas top dan tertua ke 4 di UK.

“Bangunannya antik dan unik seperti cerminan Hogwarts dalam serial Harry Potter,” ungkapnya.

Selain itu, kampus ini terletak di kota Glasgow yang indah dan aman bagi pelajar menjadi alasan bagi Dina untuk memilihnya.

Baca juga: Beasiswa S2 University of Cambridge 2022, Tunjangan Rp 351 Juta Per Tahun

Ia pun mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan IISMA sebagai kesempatan emas berkuliah gratis ke luar negeri.

Untuk mengikuti seleksi program IISMA ini, papar Dina, ada berbagai hal yang harus disiapkan. Pasalnya, persaiangan di program IISMA juga sangat ketat karena diikuti mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.