Growth Center
Powered by Kompas Gramedia

Sebagai bagian dari KOMPAS GRAMEDIA, Growth Center adalah ekosistem solusi yang memfasilitasi pertumbuhan organisasi dan individu untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka. Growth Center hadir untuk menjadi teman bertumbuh dalam mempercepat pertumbuhan dan transformasi melalui solusi sumber daya manusia berbasis teknologi yang teruji secara saintifik berdampak.

Kami meningkatkan pertumbuhan para individu melalui proses siklus yang berkelanjutan dari menemukan jati diri (discovery) hingga menyediakan pengembangan (development) yang diperlukan. Semua ini hadir dalam produk kami, Kognisi Discovery dan Kognisi Development untuk memfasilitasi individu untuk mengenal dirinya sendiri dan berkembang sesuai dengan keunikan (idiosyncrasy) mereka.

Silakan kunjungi situs kami www.growthcenter.id dan info kolaborasi lebih lanjut bisa kirim surel ke info@growthcenter.id.

 

Harapan, Bukan Sekadar Angin Kosong dalam Mengembangkan Grit

Kompas.com - 21/10/2021, 11:49 WIB
Harapan, Bukan Sekadar Angin Kosong dalam Mengembangkan Grit Jihan Aulia ZahraHarapan, Bukan Sekadar Angin Kosong dalam Mengembangkan Grit

Menemukan minat sudah, berlatih juga sudah, lalu apa lagi yang diperlukan untuk menumbuhkan grit dalam diri?

Yup, membuat tujuan. Pada artikel-artikel sebelumnya, kita telah membahas dua langkah awal membangun kegigihan. Selain itu, kita juga telah mengetahui mengenai bagaimana mengenal minat serta membuat minat itu menjadi keterampilan hingga kemudian keterampilan itu dapat mencapai tujuan kita menggunakan deliberate practice.

Dari teori yang diterangkan oleh Angela Duckworth mengenai kegigihan, masih terdapat dua poin lagi guna mengembangkan kegigihan di dalam diri, yakni tujuan dan harapan. Mari bahas satu persatu dua poin ini.

Perlu kamu ketahui perbedaan orang yang memiliki kegigihan tinggi dengan yang biasa adalah, orang dengan kegigihan tinggi memiliki perasaan bertujuan serta top level goals yang jelas.

Selain itu, mereka biasanya tidak hanya berjuang, namun juga menemukan makna di balik perjuangannya. Makna tersebut biasanya melibatkan pelayanan atau sumbangsih terhadap orang lain sehingga maknanya tidak melulu untuk menguntungkan diri sendiri, namun masyarakat yang lebih besar.

Tujuan (purpose) merupakan alasan seseorang melakukan pekerjaannya.

Mengapa kita memerlukan tujuan? Tanpa adanya tujuan, sulit untuk mempertahankan sebuah minat. Maka dari itu, tujuan menjadi penyeimbang agar minat tetap berada pada satu jalur yang lurus serta bertahan lama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, tujuan membuat kita lebih termotivasi sehingga akan melewati kesulitan dengan baik. Karena tujuan bersifat top level goals, kita akan terbantu untuk menentukan yang mana middle level goals serta low level goals. Percaya atau tidak, tujuan memiliki pengaruh terhadap kepuasan hidup dan kebahagiaan.

Baca juga: Tips Mudah Mengembangkan Grit

 

Hal ini terbukti dari orang-orang yang menganggap pekerjaan mereka adalah pekerjaan yang tepat dan baik, mereka akan jauh merasa lebih puas dalam karier yang mereka jalani.

Bagaimana jika kita belum menemukan tujuan? Jangan khawatir! Tujuan memang tidak ditemukan begitu saja, tetapi dikembangkan seiring mendalami minat dan melakukan latihan, seperti dua poin sebelumnya untuk membangun kegigihan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.