Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng BHMS Swiss, Kalbis International Tawarkan Program "Culinary Art"

Kompas.com - 15/10/2021, 15:45 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kalbis International, divisi baru Kalbis Institute secara resmi menjalin kerja sama dengan Business and Hotel Management School, Lucerne, Swiss atau yang lebih dikenal dengan BHMS.

MOU kerja sama  Kalbis Internasional dan BHMS Switzerland menawarkan pathway program ke program studi Bachelor of Arts in Culinary Arts di Jakarta.

Dalam program ini, mahasiswa dapat belajar di kampus Kalbis Internasional pada 2 tahun pertama perkuliahan kemudian melanjutkan di kampus BHMS Lucerne pada tahun terakhir.

Mahasiswa akan mendapatkan Diploma in Culinary Arts di tahun pertama dan Advanced Diploma in Culinary Arts di tahun kedua.

Selain itu, mahasiswa akan mendapatkan kesempatan memperoleh dua gelar bachelor degree yaitu dari BHMS Switzerland dan Robert Gordon University Aberdeen, Scotland.

Selama menyelesaikan tahun terakhir perkuliahan di Swiss, mahasiswa bisa mendapatkan kesempatan magang berbayar (paid internship), diperkirakan gaji yang diterima sekitar 30 juta per bulan.

Peluang mendapatkan karir internasional bisa didapatkan oleh para mahasiswa setelah menyelesaikan program Bachelor of Arts in Culinary Arts.

“Kerjasama ini menjadi suatu awal mula yang baik antara Kalbis Institute melalui Kalbis International dengan BHMS Switzerland. Kami berharap dengan ini kami mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa kami untuk bisa berkembang dan menciptakan lulusan yang unggul,” ujar Naik Henokh Parmenas, Rektor Kalbis Institute.

Baca juga: Cerita Lulusan SMK Buka Bisnis Kuliner Beromzet Rp 150 Juta Per Bulan

Di program diploma in Culinary Arts, mahasiswa akan belajar teknik dan kemampuan dasar tentang kuliner mulai dari keamanan pangan, nutrisi dan masih banyak lagi.

Mahasiswa juga akan diberikan program training untuk memperkuat skills mahasiswa.

Di tahun kedua atau di program higher diploma, mahasiswa akan diberikan skills lanjutan seperti membuat desain menu, analisis bisnis, serta mendapatkan program higher diploma internship yang dapat dilakukan di beberapa hotel rekanan dari BHMS Switzerland maupun Kalbis International.

Di tahun ketiga mahasiswa akan mendapatkan teknik dan pembelajaran seperti kewirausahaan, serta diwajibkan untuk melakukan internship dan menjalankan culinary art project di tahun terakhir.

Dan di tahun ketiga ini, mahasiswa akan mendapatkan gelar Bachelor in Culinary Art tidak hanya dari BHMS Switzerland namun juga dari Robert Gordon University, Aberdeen, Scotland. Seluruh program dapat diselesaikan dalam waktu 36 bulan.

“Saya berterima kasih pada Yayasan Pendidikan Kalbe dan Pak Naik dan seluruh team Kalbis Institute Indonesia untuk dukungannya. Saya juga senang atas kerjasama yang terjadi dalam pelaksaan event ini," ujar President BHMS Switzerland,  Heinrich Meister.

"Bersama dengan acara ini saya menyatakan bahwa Kalbis Institute Jakarta merupakan salah satu rekanan BHMS Switzerland , dan saya berharap program ini dapat memberikan kesempatan kepada seluruh anak muda Indonesia untuk mempersiapkan karirnya khususnya dalam bidang culinary art," harapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com