Kompas.com - 13/10/2021, 16:06 WIB
Universitas Brawijaya ShutterstockUniversitas Brawijaya

KOMPAS.com - Daya saing lulusan perguruan tinggi tak hanya dilihat dari nilai akademik semata. Dalam menghadapi dunia kerja di era globalisasi, keterampilan khusus berbasis kompetensi dan profesi kian berperan besar.

Guna meningkatkan mutu lulusan, Universitas Brawijaya (UB) kini tengah membentuk Lembaga sertifikasi universitas yang dinaungi langsung oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Dengan hadirnya Lembaga sertifikasi tersebut, UB menilai akan memperkuat positioning perguruan tinggi di mata stakeholder khususnya bagi para lulusan UB yang ingin menempuh dunia kerja.

Mahasiswa akan dibekali kompetensi yang kredibel sebagai “graduate attribute” yang benar-benar dibutuhkan oleh setiap perusahaan.

Baca juga: Lulusan 8 Kampus Ini Cepat Dapat Kerja, Ada Kampus Kamu?

Widya Wijayanti selaku Ketua Pusat Pengembangan Pendidikan Akademik dan Profesional (P3AP) LP3MUB mengatakan sertifikasi ini ditujukan pada kompetensi utama di tiap-tiap jurusan, bukan kompetensi dasar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sertifikasi ini ditujukan pada kompetensi utama di tiap-tiap jurusan, bukan sertifikasi kompetensi dasar, seperti bahasa inggris atau komputer pada umumnya,” ungkapnya seperti dilansir dari laman UB, Rabu (13/20/2021).

Widya menambahkan jika seritifikat kompetensi yang dimiliki mahasiswa harus bersinergi serta merepresentasikan ilmu yang telah mereka pelajari.

Hingga saat ini, rata-rata persentase mahasiswa tersertifikasi kompetensi utama pada 2019-2020 mencapai 89,89 persen, meningkat 15,89 persen dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar 74 persen.

Baca juga: Lulusan dari 10 Jurusan Kuliah Ini Paling Dibutuhkan Dunia Kerja

Ada beberapa bahasan rekomendasi yang menjadi acuan agar mahasiswa UB nantinya memiliki personal branding sebagai cerminan mutu profil lulusan. Seperti perlunya penambahan syarat kelulusan sertifikasi kompetensi pada buku pedoman pendidikan, yaitu mahasiswa dapat dinyatakan lulus atau wisuda apabila memiliki sertifikat kompetensi utama dan kompetensi dasar.

Jenis sertifikasi yang diberikan sebaiknya selaras dengan kurikulum program studi, serta perlunya penetapan Lembaga sertifikasi resmi berbasis pada standar kompetensi yang telah ditetapkan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.