Growth Center
Powered by Kompas Gramedia

Sebagai bagian dari KOMPAS GRAMEDIA, Growth Center adalah ekosistem solusi yang memfasilitasi pertumbuhan organisasi dan individu untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka. Growth Center hadir untuk menjadi teman bertumbuh dalam mempercepat pertumbuhan dan transformasi melalui solusi sumber daya manusia berbasis teknologi yang teruji secara saintifik berdampak.

Kami meningkatkan pertumbuhan para individu melalui proses siklus yang berkelanjutan dari menemukan jati diri (discovery) hingga menyediakan pengembangan (development) yang diperlukan. Semua ini hadir dalam produk kami, Kognisi Discovery dan Kognisi Development untuk memfasilitasi individu untuk mengenal dirinya sendiri dan berkembang sesuai dengan keunikan (idiosyncrasy) mereka.

Silakan kunjungi situs kami www.growthcenter.id dan info kolaborasi lebih lanjut bisa kirim surel ke info@growthcenter.id.

 

Tips Mudah Mengembangkan Grit

Kompas.com - 13/10/2021, 08:15 WIB
Tips Mudah Mengembangkan Grit Jihan Aulia ZahraTips Mudah Mengembangkan Grit

KOMPAS.com - Setelah mengetahui secara umum apa itu kegigihan (grit) dan pentingnya memiliki kegigihan dalam mencapai sebuah tujuan pada artikel sebelumnya, kali ini kita akan membahas bagaimana mengembangkan grit pada diri sendiri.

Terdapat empat cara untuk mengembangkan grit dalam diri, yakni mengenali dan menumbuhkan minat, berlatih, membuat tujuan atas minat yang telah dibangun, serta memberikan harapan untuk bertumbuh. Mari kita bahas satu-persatu.

Pertama, kenali dan tumbuhkan minat yang ingin dikembangkan. Menurut Silvia (2001), minat (interest) adalah dorongan yang menyebabkan seseorang memberikan perhatian dan fokus pada suatu hal, topik, atau aktivitas tertentu.

Minat ini merupakan hal yang cukup penting dan krusial karena merupakan tahap yang paling pertama untuk membangun grit dan juga awal dari sebuah passion. Minat ini jugalah yang membangun semangat dan motivasi.

Dihimpun dari beberapa penelitian seperti yang dilakukan Silvia (2001), Grant (2008), dan Duckworth, minat diawali dari rasa ingin tahu seseorang akan bertumbuh seiring pengetahuannya yang semakin banyak.

Pengalaman seseorang dalam melakukan kegiatan juga menentukan tingkat minat terhadap aktivitas atau topik tersebut.

Untuk itu, melakukan eksplorasi dengan cara melakukan hal-hal yang berbeda, kemudian dengan sendirinya akan terdapat sesuatu yang menarik perhatian dan rasa ingin tahu terhadap suatu hal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Agar semakin baik, kita membutuhkan mentor atau coach dari bidang yang sedang kita dalami. Mentor berguna untuk mendorong kita berlatih dan menjadi pengingat agar kita dapat menjadi ahli dalam bidang area yang kita minati.

Telah ada berbagai macam cara untuk dapat mengenali dan mengembangkan minat, terutama pada zaman yang serba modern ini.

Baca juga: Grit, Rahasia Awal di Balik Kesuksesan Setiap Orang

Ketika kita telah menetapkan sebuah minat, kita dapat mempelajari minat tersebut dengan mulai mencari tahu, mempelajari mengenai hal tersebut dengan membaca buku atau ikut kursus.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.