Kompas.com - 13/10/2021, 06:18 WIB
Siswa SMAN 1 Kendal saat ikuti PTM. KOMPAS.COM/SLAMET PRIYATIN KOMPAS.COM/SLAMET PRIYATINSiswa SMAN 1 Kendal saat ikuti PTM. KOMPAS.COM/SLAMET PRIYATIN
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pada penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN), ada beberapa jalur yang bisa dipilih calon mahasiswa.

Salah satunya adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Melalui jalur ini, calon mahasiswa juga dapat melampirkan sertifikat dalam proses seleksinya.

Bagi kamu yang pernah juara lomba atau kompetisi saat di jenjang SMA/SMK sederajat, bisa memanfaatkan sertifikatnya lho. Namun tidak sembarang sertifikat yang bisa dilampirkan dalam pendaftaran SNMPTN.

Merangkum dari situs Ruang Guru, Selasa (12/10/2021), beberapa jenis sertifikat ini, bisa dilampirkan sebagai dokumen tambahan sewaktu mendaftar SNMPTN.

Baca juga: Sandiaga Uno Apresiasi Aplikasi Dukung Desa Wisata Karya UAJY-Ukrim

Sertifikat atau piagam penghargaan yang dapat dilampirkan untuk seleksi SNMPTN tidak lebih dari tiga tahun sejak mendapatkannya. Lampiran piagam dan sertifikat ini berpengaruh terhadap penilaian proses seleksi SNMPTN. Pada umumnya, piagam atau sertifikat setara tingkat nasional dan internasional memiliki bobot nilai yang lebih baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sertifikat atau piagam penghargaan yang akan dilampirkan sebaiknya disesuaikan dengan jurusan pilihannya. Misalnya ingin mendaftar ke jurusan Teknik Kimia, kamu dapat melampirkan sertifikat OSN (Olimpiade Sains Nasional) bidang lomba Kimia. Berikut jenis sertifikat kejuaraan yang bisa dilampirkan untuk SNMPTN.

1. Sertifikat FLS2N

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) adalah kegiatan rutin para pelajar di bidang seni dan budaya.

Jika kamu memiliki bakat di bidang seni dan budaya, kamu bisa mengikuti ajang tersebut. Mengacu pada laman Pusat Prestasi Nasional Kemdikbud, FLS2N membagi bidang lomba menjadi dua kategori Seni Pertunjukan dan Seni Penciptaan.

Baca juga: Bubur Instan Pencegah Stroke Inovasi Mahasiswa IPB

2. Sertifikat Olimpiade Sains Nasional (OSN)

Bagi siswa yang tertarik pada bidang Matematika, Kimia, Fisika atau Ekonomi, kompetisi OSN ini wajib untuk dicoba. Jika berhasil meraih juara, sertifikat yang diperoleh bisa dimanfaatkan untuk mendaftar di SNMPTN.

Sejak Juni tahun ini, OSN berubah nama penyebutan menjadi KSN atau Kompetisi Sains Nasional. Adapun bidang ilmu yang dilombakan pada kompetisi ini yakni Ekonomi, Geografi, Kebumian, Biologi, Astronomi, Informatika, Matematika, Kimia, dan Fisika.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.