Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Ingin Punya Karier Cemerlang, Ini 4 Tips dari HRD

Kompas.com - 12/10/2021, 17:18 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Mempersiapkan diri untuk berkarier sejak masih kuliah bisa memperlebar kesempatan mahasiswa mendapatkan pekerjaan cemerlang saat lulus nanti.

Dio Anamia selaku Talent Management and Inclusive Learning HR Manager Zen Rooms mengatakan, persiapan karier menjadi salah satu faktor pembangun kepercayaan diri mahasiswa saat mencari pekerjaan nantinya.

Ia pun membagikan tips bagi mahasiswa terkait persiapan karier saat lulus kuliah yang dapat dilakukan sejak dini. Menurutnya, terdapat empat cara efektif supaya mahasiswa mampu mempersiapkan kariernya secara matang.

Dio menegaskan bahwa keempat tips ini penting untuk diperhatikan mahasiswa guna menghadapi segala perubahan di era new normal.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 1 Tahun untuk Lulusan SMA-SMK, D3 dan S1

"Karena berbagai permasalahan masa pandemi tentunya memberikan pengaruh dan tantangan besar bagi seorang fresh graduate dalam mencari pekerjaan," paparnya.

1. Siapkan beragam opsi pekerjaan

Pertama ialah menjadi pribadi yang fleksibel, tapi realistis. Dio menyampaikan bahwa realistis yang dimaksud adalah mempertimbangkan pekerjaan di luar jurusan atau lingkup pembelajaran semasa kuliah.

Hal ini dinilai Dio perlu dilakukan karena rencana karier terbaik adalah yang mencakup beberapa opsi pilihan pekerjaan yang nantinya dapat memenuhi kebutuhan calon pelamar kerja.

"Dengan membuat rencana yang fleksibel namun tetap realistis,” terangnya dalam webinar Career Class 2.0 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), beberapa waktu lalu.

Baca juga: Beasiswa S2 Jepang 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 18 Juta Per Bulan

2. Memetakan "skill" yang dikuasai

Lanjut Dio, sejenak lupakan dulu jurusan dan gelar, dilanjutkan dengan memikirkan tentang apa saja keterampilan yang telah dipelajari mahasiswa semasa kuliah.

Menurutnya, hal tersebut tidak akan sia-sia karena gelar adalah bukti bahwa seseorang telah mempelajari keterampilan yang dikuasainya saat ini.

“Sehingga mahasiswa perlu meningkatkan kemampuan maupun kualitas diri agar dapat bersaing nantinya di dunia pekerjaan,” ujar Dio.

3. Bangun portofolio

Selanjutnya Dio mengungkapkan tips ketiga yaitu membangun portofolio. Dengan cara mengikuti program magang, mengambil kursus, melakukan volunteer, serta mencoba hal baru yang sebelumnya belum pernah dilakukan oleh mahasiswa.

“Karena proses ini merupakan kesempatan untuk belajar untuk mengenali diri sendiri,” ungkap alumnus Universitas Indonesia ini.

Baca juga: Beasiswa S2 University of Cambridge 2022, Tunjangan Rp 351 Juta Per Tahun

4. Perluas networking dan temukan mentor

Tips terakhir yakni perluas networking dan temukan mentor. Dio mengatakan dengan memperluas jaringan mahasiswa dapat menggali ilmu sebanyak-banyaknya. Wawasan baru dapat diperoleh dari mentor, teman, ataupun senior yang sudah profesional.

Cobalah bergabung dengan berbagai komunitas dan cari tahu informasi seputar perusahaan melalui sosial media.

“Mentor dan networking ini penting karena dapat memberikan insight baru,” tegas Dio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com