Kompas.com - 12/10/2021, 17:18 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa

KOMPAS.com - Mempersiapkan diri untuk berkarier sejak masih kuliah bisa memperlebar kesempatan mahasiswa mendapatkan pekerjaan cemerlang saat lulus nanti.

Dio Anamia selaku Talent Management and Inclusive Learning HR Manager Zen Rooms mengatakan, persiapan karier menjadi salah satu faktor pembangun kepercayaan diri mahasiswa saat mencari pekerjaan nantinya.

Ia pun membagikan tips bagi mahasiswa terkait persiapan karier saat lulus kuliah yang dapat dilakukan sejak dini. Menurutnya, terdapat empat cara efektif supaya mahasiswa mampu mempersiapkan kariernya secara matang.

Dio menegaskan bahwa keempat tips ini penting untuk diperhatikan mahasiswa guna menghadapi segala perubahan di era new normal.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 1 Tahun untuk Lulusan SMA-SMK, D3 dan S1

"Karena berbagai permasalahan masa pandemi tentunya memberikan pengaruh dan tantangan besar bagi seorang fresh graduate dalam mencari pekerjaan," paparnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Siapkan beragam opsi pekerjaan

Pertama ialah menjadi pribadi yang fleksibel, tapi realistis. Dio menyampaikan bahwa realistis yang dimaksud adalah mempertimbangkan pekerjaan di luar jurusan atau lingkup pembelajaran semasa kuliah.

Hal ini dinilai Dio perlu dilakukan karena rencana karier terbaik adalah yang mencakup beberapa opsi pilihan pekerjaan yang nantinya dapat memenuhi kebutuhan calon pelamar kerja.

"Dengan membuat rencana yang fleksibel namun tetap realistis,” terangnya dalam webinar Career Class 2.0 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), beberapa waktu lalu.

Baca juga: Beasiswa S2 Jepang 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 18 Juta Per Bulan

2. Memetakan "skill" yang dikuasai

Lanjut Dio, sejenak lupakan dulu jurusan dan gelar, dilanjutkan dengan memikirkan tentang apa saja keterampilan yang telah dipelajari mahasiswa semasa kuliah.

Menurutnya, hal tersebut tidak akan sia-sia karena gelar adalah bukti bahwa seseorang telah mempelajari keterampilan yang dikuasainya saat ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.