Kompas.com - 08/10/2021, 12:29 WIB
Mendikbud Ristek Nadiem Makarim (kanan) saat di Politeknik Negeri Bali (PNB), Kamis (7/10/2021). DOK.Kemendikbud RistekMendikbud Ristek Nadiem Makarim (kanan) saat di Politeknik Negeri Bali (PNB), Kamis (7/10/2021).
|

KOMPAS.com - Pemerintah terus berupaya memberikan pendidikan yang terbaik bagi seluruh anak bangsa. Bahkan hingga menghubungkan lulusan ke dunia kerja.

Seperti Program SMK-D2 Jalur Cepat yang berbasis kerja sama dengan dunia kerja menjadi salah satu program yang dirancang untuk mengatasi sejumlah tantangan dalam pendidikan vokasi.

Adapun program yang menjadi bagian dari Merdeka Belajar Vokasi ini masuk dalam fokus pendanaan yang disebut dana padanan (matching fund).

Baca juga: Mahasiswa Vokasi IPB Asah Soft Skill dengan Cara Ini

Menurut Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim, dana padanan ini merupakan salah satu program terbesar yang dimiliki Kemendikbud Ristek.

Nantinya, industri dapat memanfaatkan dana tersebut untuk mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan.

"Kita ingin semua berlomba mendapat matching fund. Industri banyak yang belum tahu tentang dana ini," ujar Mendikbud Ristek saat bertemu dengan pemangku kepentingan pendidikan vokasi di Politeknik Negeri Bali (PNB), Kamis (7/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Industri bisa dapat dana padanan

Dijelaskan, industri yang berinvestasi dalam peningkatan kualitas sumber daya lulusan SMK, nanti melalui program D2 jalur cepat ini bisa mendapat dana padanan sesuai dengan nilai investasi yang dikeluarkan.

Nadiem mencontohkan, industri berinvestasi untuk membeli mesin, mendatangkan fasilitator full-time untuk melatih siswa dalam program ini, maka bisa mengajukan dana padanan.

Baca juga: Cegah Learning Loss, Wapres Apresiasi Mendikbud Dorong PTM Terbatas

Hanya saja, Nadiem mengingatkan bahwa setiap industri bisa menjadi universitas bagi mahasiswa. Kenapa demikian?

Dalam program Kampus Merdeka, mahasiswa tidak lagi hanya belajar di dalam kelas dan di program studi yang sama sampai lulus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.