Kompas.com - 07/10/2021, 08:14 WIB
Ilustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi ShutterstockIlustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Penggunaan informasi geospasial saat ini telah mencakup berbagai aspek kehidupan. Ketua Umum Perkumpulan Ahli Informasi Geospasial Indonesia (PAGI) Lina Wahyuni menjelaskan, tenaga profesional bidang geospasial harus tersertifikasi.

Hal ini dikarenakan pengetahuan geospasial menjadi alat bantu dalam perumusan kebijakan dan pengambilan keputusan.

Serta pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan ruang kebumian. Sehingga tenaga profesional di bidang geospasial juga dituntut untuk memiliki kompetensi.

"Kompetensi dapat diartikan seseorang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap yang baik untuk bisa menangani pekerjaannya," kata Lina dalam acara kuliah tamu mata kuliah Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis Kehutanan, prodi Rekayasa Kehutanan Institut Teknologi Bandung (ITB) seperti dikutip dari situs resminya, Rabu (6/10/2021).

Baca juga: Dankos Farma Buka Lowongan Kerja bagi D3 Fresh Graduate

Informasi geospasial berkaitan dengan pembangunan

Kuliah tamu kali ini mengulas tentang 'Peran Profesi Geospasial dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Berkelanjutan'.

Menurut Lina, pemanfaatan informasi geospasial sangat luas, termasuk kaitannya dengan pembangunan.

Pembangunan adalah proses pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan manusia agar hidupnya sejahtera lahir dan batin.

"Pembangunan yang dilakukan harus memiliki prinsip berkelanjutan. Jangan sampai pembangunan yang dilakukan saat ini mengabaikan daya dukung bagi kehidupan di masa depan dan merugikan generasi mendatang," ungkap Lina.

Pengelolaan sumber daya alam, lanjut Lina, harus mengacu pada UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang prinsip pembangunan berkelanjutan.

Baca juga: Yuk Simak 6 Cara Belajar Efektif ala Maudy Ayunda

Dosen Institut Teknologi Yogyakarta ini menambahkan, konsep daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup. Daya dukung lingkungan hidup adalah kemampuan lingkungan hidup untuk mendukung perikehidupan manusia, makhluk hidup lain, dan keseimbangan antara keduanya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.