Kompas.com - 06/10/2021, 13:00 WIB
Rektor Universitas Andalas Yuliandri KOMPAS.COM/PERDANA PUTRARektor Universitas Andalas Yuliandri
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Andalas (Unand) akan menyelenggarakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas semester ganjil tahun akademik 2021/2022 pada masa pandemi Covid-19.

Rektor Unand, Prof. Yuliandri mengatakan, prioritas utama pada masa PTM terbatas, yaitu menjaga kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat.

Baca juga: UPN Veteran Jakarta Siap Jalani PTM Terbatas

Untuk PTM terbatas, Unand telah mengeluarkan Peraturan Rektor No 18 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022 Pada Masa Pandemi Covid-19.

PTM terbatas semester ganjil tahun akademik 2021/2022 diberlakukan bagi mahasiswa semester III atau sesuai dengan kebutuhan masing-masing fakultas.

"Rencananya, PTM terbatas akan dimulai pada tanggal 1 November 2021 mendatang," ucap dia, melansir laman Unand, Rabu (6/10/2021).

Dia mengaku, ketentuan melaksanakan PTM terbatas bagi dosen dan analis, teknisi laboratorium, bengkel, studio, yaitu tidak memiliki penyakit bawaan tertentu (komorbid) atau tidak termasuk lanjut usia (60 tahun ke atas).

Dalam pembelajaran PTM terbatas, semua sivitas akademika dan tenaga kependidikan wajib menjalani protokol kehatan secara ketat, yakni mematuhi gerakan 6M.

Itu terdiri dari memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilisasi, dan menghindari makan bersama.

Baca juga: Mahasiswa Unpad, Kampus Buka Kuliah Tatap Muka Akhir Oktober

Pada saat penyelenggaraan PTM terbatas, sebut dia, harus melaporkan penyelenggaraan pembelajaran kepada satuan tugas penanganan Covid-19 secara berkala, serta melakukan testing dan tracing secara berkala.

Kemudian, sivitas akademika dan tenaga kependidikan yang melakukan aktivitas di kampus harus dalam keadaan sehat dan sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.