Kompas.com - 06/10/2021, 10:37 WIB
Ilustrasi mahasiswa internasional. ShutterstockIlustrasi mahasiswa internasional.

KOMPAS.com - Meski pendaftaran kuliah berlangsung tahun depan, tetapi memikirkan jurusan atau program studi (prodi) baiknya dilakukan mulai dari sekarang.

Kuliah di jurusan yang tepat, sesuai pertimbangan minat dan bakat, termasuk prospek kerja saat lulus nanti akan memberikan kamu banyak keuntungan.

Minat akan membuat kamu tetap semangat saat menghadapi perkuliahan sulit, sedangkan bakat akan membuat kamu lebih mudah mengembangkan ilmu yang didapat.

Sementara itu, mengetahui prospek kerja lulusan juga akan membuat kamu lebih siap menjalani karier sesuai dengan bidang kuliah yang kamu geluti.

Baca juga: Beasiswa S1 Korea Selatan, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 10 Juta Per Bulan

jika kamu adalah anak IPA tapi masih bingung mau melanjutkan kuliah jurusan apa, mulailah mencari informasi sejak saat ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut ini daftar jurusan kuliah untuk anak IPA yang menjanjikan prospek bagus di masa depan, merangkum laman Quipper Campus:

1. Kedokteran

Profesi sebagai dokter selalu dibutuhkan terutama dokter spesialis, terlebih di masa kini orang lebih peduli dengan kesehatan.

Agar bisa menjadi seorang dokter spesialis, kamu harus lulus pendidikan dokter umum dulu. Alternatif lainnya adalah memilih Jurusan Kedokteran Gigi atau Kedokteran Hewan.

Dari tahun ke tahun jurusan ini selalu menjadi primadona dengan ribuan pelamar di berbagai universitas negeri. Di jurusan ini kamu akan mempelajari anatomi tubuh manusia dan cara kerjanya, fisiologi, biokimia, dan histologi.

Persyaratan untuk kuliah di FK adalah memiliki minat dan pemahaman yang baik dalam bidang biologi, fisika, kimia, dan matematika.

Baca juga: Rekomendasi Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadian MBTI, Yuk Cek

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.