Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/10/2021, 10:37 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Meski pendaftaran kuliah berlangsung tahun depan, tetapi memikirkan jurusan atau program studi (prodi) baiknya dilakukan mulai dari sekarang.

Kuliah di jurusan yang tepat, sesuai pertimbangan minat dan bakat, termasuk prospek kerja saat lulus nanti akan memberikan kamu banyak keuntungan.

Minat akan membuat kamu tetap semangat saat menghadapi perkuliahan sulit, sedangkan bakat akan membuat kamu lebih mudah mengembangkan ilmu yang didapat.

Sementara itu, mengetahui prospek kerja lulusan juga akan membuat kamu lebih siap menjalani karier sesuai dengan bidang kuliah yang kamu geluti.

Baca juga: Beasiswa S1 Korea Selatan, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 10 Juta Per Bulan

jika kamu adalah anak IPA tapi masih bingung mau melanjutkan kuliah jurusan apa, mulailah mencari informasi sejak saat ini.

Berikut ini daftar jurusan kuliah untuk anak IPA yang menjanjikan prospek bagus di masa depan, merangkum laman Quipper Campus:

1. Kedokteran

Profesi sebagai dokter selalu dibutuhkan terutama dokter spesialis, terlebih di masa kini orang lebih peduli dengan kesehatan.

Agar bisa menjadi seorang dokter spesialis, kamu harus lulus pendidikan dokter umum dulu. Alternatif lainnya adalah memilih Jurusan Kedokteran Gigi atau Kedokteran Hewan.

Dari tahun ke tahun jurusan ini selalu menjadi primadona dengan ribuan pelamar di berbagai universitas negeri. Di jurusan ini kamu akan mempelajari anatomi tubuh manusia dan cara kerjanya, fisiologi, biokimia, dan histologi.

Persyaratan untuk kuliah di FK adalah memiliki minat dan pemahaman yang baik dalam bidang biologi, fisika, kimia, dan matematika.

Baca juga: Rekomendasi Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadian MBTI, Yuk Cek

Pilihan profesi lulusan Jurusan Kedokteran:

  • Akademisi
  • Dokter rumah sakit
  • Dokter industri
  • Peneliti
  • Membuka praktik
  • Bekerja di perusahaan kesehatan
  • dan lainnya

2. Ilmu Farmasi

Tidak jauh-jauh dari bidang kesehatan, jurusan yang juga cukup banyak peminatnya serta lulusannya banyak dibutuhkan di masa depan ialah Farmasi.

Kamu akan menerima kuliah mengenai obat-obatan untuk berbagai jenis penyakit. Selama mendalami ilmu Farmasi kamu akan belajar tentang struktur senyawa obat-obatan tertentu dan fungsinya.

Kamu juga akan belajar bagaimana cara membuat, meracik, melakukan identifikasi, menganalisis serta menciptakan resep obat baru yang sesuai dengan ketentuan dan standar.

Selama penyakit tidak hilang dari dunia ini maka obat akan selalu menjadi kebutuhan, artinya ahli Farmasi adalah pilihan pekerjaan yang cukup bagus.

Baca juga: BCA Buka Kuliah Gratis Bisnis Perbankan 2022 bagi Lulusan SMA-SMK

Pilihan profesi lulusan Jurusan Farmasi:

  • Tenaga pengajar
  • Research and development industri Farmasi
  • Staf Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)
  • Entrepreneur
  • Apoteker
  • Analis laboratorium

3. Ilmu Gizi

Setiap orang membutuhkan makanan untuk bisa bertahan hidup. Supaya kesehatan tubuh terjaga sehingga tidak mudah terkena penyakit kronis maupun akut maka dibutuhkan makanan sehat dan bergizi.

Orang yang bisa memberikan rekomendasi menu makanan sehat tersebut salah satunya adalah ahli gizi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com