Kompas.com - 04/10/2021, 16:32 WIB
Ilustrasi kampus ITB. DOC.Kemahasiswaan ITBIlustrasi kampus ITB.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - ITB menyelenggarakan acara dengan judul "Kembali ke Kampus ITB" pada Senin (27/9/2021) di Boulevard ITB dan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube ITB.

Acara ini mengundang segenap civitas akademika ITB termasuk jajaran Rektorat ITB dan beberapa tamu undangan perwakilan mahasiswa yang berdomisili di Kota Bandung.

Baca juga: ITB Mulai Jalani PTM Terbatas

Para mahasiswa yang hadir tersebut menyampaikan beberapa kesan tentang kembali lagi ke kampus.

Mereka adalah Ilham Subandoro (Mahasiswa Berprestasi tingkat Nasional 2021, Mahasiswa Program Sarjana Sekolah Bisnis dan Manajemen 2019), Ziyad Akbar dan Cynthia Ridha Larassati (Mahasiswa Program Sarjana Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara 2020).

Lalu ada Kris Alvin (Mahasiswa Program Pascasarjana Sekolah Bisnis dan Manajemen 2020) dan beberapa perwakilan mahasiswa dari Fakultas dan Sekolah lainnya.

Merespons berbagai keluhan yang dirasakan mahasiswa dan tenaga pendidik selama pembelajaran daring, ITB mencoba membuka suara tentang kabar baik pembukaan kembali kampus ITB di tahap pembelajaran tatap muka (PTM) di kala pandemi Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada acara ini, ITB menghadirkan perwakilan mahasiswa supaya bisa mendapatkan ulasan yang valid mengenai berbagai keluhan yang dirasakan khususnya bagi mahasiswa Angkatan 2020 yang sama sekali belum merasakan suasana kampus.

"Belajar daring sangat butuh penyesuaian. Suka enggak suka harus dihadapi bersama," kata Kris Alvin melansir laman ITB, Senin (4/10/2021).

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa segala aktivitas akademik yang semula menguras tenaga ketika luring, ketika daring juga dihadapkan masalah lain yakni ketidakstabilan jaringan internet.

Baca juga: Seperti Ini Peran dan Tugas UKS Saat PTM Terbatas

Belum lagi faktor-faktor lain seperti server yang eror atau kendala teknis lainnya yang bisa menyerang kapan saja.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.