Kompas.com - 03/10/2021, 21:50 WIB
Universitas Diponegoro (Undip) Semarang KOMPAS.com/RISKA FARASONALIAUniversitas Diponegoro (Undip) Semarang
|

KOMPAS.com - Salah satu alumnus Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro (Undip), Esdras Idi Alfero Ginting, S.Sos., berbagi cerita pengalamannya.

Sejak SMA dia sudah berkeinginan untuk di jurusan IPS. Bahkan ketika kuliah juga ingin di ilmu-ilmu sosial. Hingga akhirnya memilih Jurusan Ilmu Komunikasi di Undip.

"Saat itu, Komunikasi adalah sesuatu yang agak baru dan lagi booming pada jaman saya," ujarnya seperti dikutip dari laman Undip, Minggu (3/10/2021).

Baca juga: Yuk Intip Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Ketika itu, pada awalnya dia belum tahu jurusan Komunikasi seperti apa, arahnya kemana dan mau jadi seperti apa. Tetapi dia berpikir bahwa prospek Ilmu Komunikasi ke depan pasti bagus bahwa Ilmu Komunikasi di mana pun, kapan pun ilmunya akan dipakai dan diperlukan.

"Itu yang akhirnya membuat saya tertarik Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro," imbuhnya.

Awal kerja jadi jurnalis

Dia mengatakan masuk Undip tahun 2002 melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan lulus pada 2007. Saat kuliah ia juga bekerja di bidang jurnalistik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Setelah belajar Komunikasi akhirnya jadi tertarik jurnalistik, kebetulan saya suka menulis dan sering menulis artikel di surat-surat kabar," terangnya.

Tahun 2005 bergabung di koran sore Wawasan sambil kuliah, menjadi wartawan di bagian seni dan budaya. Setelah lulus kuliah masih tetap bergabung di Wawasan hingga 2008.

Setelah itu dia pindah ke Jogja dan bergabung di salah satu surat kabar di Yogyakarta. Selama 2 tahunan di yang semula reporter kemudian dia dipromosikan menjadi asisten redaktur sehingga jarang lagi di lapangan tetapi lebih banyak membantu di bidang keredaksian.

Sempat pula menjadi redaktur Online Website surat kabar itu selama kurang lebih satu tahun.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.