Usung Tema “Pulihkan Negeri Dengan Prestasi”, Festival Sains dan Budaya 2022 Kembali Digelar

Kompas.com - 03/10/2021, 21:49 WIB
Eduversal Indonesia menggelar kembali Festival Sains dan Budaya (FSB) 2022, pagelaran akbar sains dan budaya, mempertemukan dua program besar tahunan yaitu Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) dan Olimpiade Seni dan Bahasa Indonesia (Osebi) dengan tema ?Pulihkan Negeri Dengan Prestasi?. DOK. EDUVERSAL INDONESIAEduversal Indonesia menggelar kembali Festival Sains dan Budaya (FSB) 2022, pagelaran akbar sains dan budaya, mempertemukan dua program besar tahunan yaitu Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) dan Olimpiade Seni dan Bahasa Indonesia (Osebi) dengan tema ?Pulihkan Negeri Dengan Prestasi?.

KOMPAS.com - Pembinaan siswa berprestasi tidak boleh berhenti mengingat mempersiapkan sumber daya manusia menjadi keniscayaan jika Indonesia ingin pulih dan bangkit pascapademi global Covid-19.

Inilah yang kemudian mendorong Eduversal Indonesia menggelar kembali Festival Sains dan Budaya (FSB) 2022, pagelaran akbar sains dan budaya, mempertemukan dua program besar tahunan yaitu Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) dan Olimpiade Seni dan Bahasa Indonesia (Osebi).

Tahun ini, FSB 2020 mengangkat tema “Pulihkan Negeri Dengan Prestasi”, dengan harapan dari ajang ini akan lahir generasi muda bangsa yang akan mampu memulihkan keadaan bangsa dengan berbagai prestasi, terlebih di masa-masa pandemi atau krisis yang berat.

Direktur Eduversal, Dwi Prajitno Wibowo, dalam konferensi pers daring (2/10/2021) menyampaikan penggabungan dua program besar ini menjadi langkah konkrit Panitia FSB untuk memulihkan kembali kualitas sumber daya manusia Indonesia.

"Melalui ISPO dan OSEBI anak-anak bangsa didorong untuk dapat seimbang antara karakter dan kreativitas yang melahirkan solusi atas berbagai masalah yang dihadapi umat manusia khususnya masyarakat Indonesia," harap Dwi.

"Keseimbangan ini dapat memberikan kekuatan bagi bangsa untuk menghadapi tantangan di masa depan," tegasnya.

Dalam kesempatan sama, Dwi juga mengungkapkan, FSB diharapkan akan meningkatkan imunitas karena membawa nilai-nilai dan pola pikir positif dalam keseharian siswa.

Baca juga: Penutupan FLS2N 2021, Nadiem: Seni Budaya Jadi Kekuatan Terbesar Indonesia

Lahirkan siswa berprestasi di ajang internasional

Dalam acara Grand Launching FSB 2022 yang digelar Sabtu 2 Oktober 2022, Dzikri Ramadhan, Koordinator FSB 2020, menyatakan ISPO tahun ini akan memperlombakan 6 kategori yaitu: Lingkungan, Teknologi dan Robotika, Komputer, Fisika, Biologi, dan Kimia.

Sedangkan Osebi memperlombakan 6 kategori yaitu: Menyanyi Solo, Penampilan Puisi, Tari Kreasi Nusantara, dan Menulis Cerpen, Menulis Esai, dan Menulis Puisi.

Dzikri Ramadhan juga mengungkapkan, tahun ini peserta FSB mengalami kenaikan cukup signifikan. Pada tahun 2020, FSB diikuti 592 siswa, kemudian meningkat menjadi 1.353 peserta pada tahun 2021.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.