Pelajar Doktor Indonesia di Perancis Sumbang Pemikiran demi Pemulihan Pandemi

Kompas.com - 01/10/2021, 11:55 WIB
|

KOMPAS.com - Tidak hanya di Tanah Air, tetapi warga negara Indonesia yang berada di luar negeri juga tetap memikirkan tanah kelahirannya.

Seperti halnya para pelajar doktor Indonesia yang berada di Perancis. Kepedulian mereka terhadap permasalahan global dan permasalahan di Tanah Air, tidak pernah surut.

Mereka turut menyumbangkan pemikiran dalam upaya pemulihan semua sektor pascapandemi Covid-19 di Indonesia.

Baca juga: 5 Mahasiswa UMY Jalani Dual Degree di Asia University

Para pelajar doktor ini menggelar diskusi bertajuk “Journee des Doctorants Indonésiens (JDI) 2021” bertema “bangkit”. JDI 2021 berlangsung di Balai Budaya KBRI Paris pada 25-26 September 2021.

Kegiatan diselenggarakan secara hibrida (kombinasi daring dan luring) dengan menerapkan protokol kesehatan.

Riset dan pengalaman belajar di Perancis

Menurut Ketua Panitia JDI 2021, Tohir Mustofa, kegiatan ini merupakan kegiatan presentasi para pelajar doktor tentang riset dan pengalaman mereka.

"Semuanya bermuara pada poin-poin rekomendasi praktik baik yang nantinya dapat dikembangkan di Indonesia," ujar Tohir seperti dikutip dari laman Kemendikbud Ristek, Kamis (30/9/2021).

Adapun JDI 2021 dibuka oleh Dubes RI di KBRI Paris, Arrmanatha C Nasir. Arrmanatha berharap para pelajar doktor tersebut dapat berperan aktif meningkatkan kualitas hubungan Indonesia-Perancis.

Baca juga: Krim Antijerawat dari Kulit Durian Inovasi Mahasiswa UB

Dijelaskan, hubungan erat Indonesia-Perancis sebagai partner strategis sejak 2014. Dalam dua tahun terakhir ini ditandai dengan peningkatan hubungan kerja sama di bidang pertahanan, dan kemaritiman.

"Sebentar lagi akan ditandatangani plan of action yang berisi berbagai indikator implementasi kerja sama, termasuk di bidang pendidikan dan riset," katanya.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.