Kompas.com - 30/09/2021, 20:52 WIB
Universitas Sebelas Maret (UNS) menempati peringkat ke 1.201+ dari 1.662 perguruan tinggi di dunia dalam pemeringkatan THE WUR 2022.

Tangkap layar laman UNSUniversitas Sebelas Maret (UNS) menempati peringkat ke 1.201+ dari 1.662 perguruan tinggi di dunia dalam pemeringkatan THE WUR 2022.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pascaditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) pada 6 Oktober 2020, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta terus melakukan akselerasi di bidang kerja sama internasional.

Salah satunya dengan menandatangani penandatanganan kerjasama dengan Xihua University, Tiongkok yang digelar secara daring pada Selasa (28/9/2021).

Baca juga: Kemendikbud Ristek Jelaskan 5 Kunci Keberhasilan PTM di PPKM Level 1-3

Penandatanganan kerjasama itu guna mempersiapkan pembukaan Program Studi (Prodi) S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok yang rencananya akan berada di bawah pengelolaan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS.

Dalam acara penandatanganan kerjasama dengan Xihua University, Dekan FIB UNS, Prof. Warto mengungkapkan alasan mengapa UNS membuka Prodi S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok.

Dia mengatakan, pembukaan Prodi S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok di FIB UNS sesuai dengan prioritas program Rencana Strategis (Renstra) UNS tahun 2020-2024, yaitu mendukung PTN-BH dalam rangka pencapaian reputasi internasional.

"Ini juga sebagai implementasi kerja sama antara FIB UNS dengan Fakultas Sastra dan Jurnalistik Xihua University," ucap Warto melansir laman UNS, Kamis (30/9/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di hadapan Rektor Xihua University Prof. LIU Shugeng, Warto menyampaikan Prodi S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok akan didirikan di atas visi yang kuat.

Baca juga: ITB Mulai Jalani PTM Terbatas

Yaitu, sebagai prodi yang maju dan unggul di tingkat internasional dalam pengembangan bahasa Mandarin dan kebudayaan Tiongkok yang berlandaskan budaya nasional pada tahun 2026.

"Pendirian prodi ini juga sangat relevan dengan pengembangan budaya Jawa dan budaya Bashu yang ada di Chengdu, Tiongkok yang telah dirintis beberapa tahun yang lalu antara kedua belah pihak," ungkap dia.

Dalam usaha pendirian Prodi S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok, dia menerangkan, pihaknya telah menggandeng banyak unsur.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.