Untar untuk Indonesia
Akademisi

Platform akademisi Universitas Tarumanagara guna menyebarluaskan atau diseminasi hasil riset terkini kepada khalayak luas untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Rektor sebagai Kreator Citra Universitas, Mungkinkah?

Kompas.com - 30/09/2021, 10:55 WIB
Rektor Untar Prof. Agustinus Purna Irawan dalam sambutan pada wisuda ke-72 Untar di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Minggu (21/10/2018). Dok. UntarRektor Untar Prof. Agustinus Purna Irawan dalam sambutan pada wisuda ke-72 Untar di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Minggu (21/10/2018).

Oleh: Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, IPU, ASEAN Eng. | Profesor Bidang Ilmu Teknik, Rektor Universitas Tarumanagara

KOMPAS.com - Membaca artikel yang ditulis oleh Inga Pure Liepaja University (Latvia) dengan judul "Public Relations as Management function at Universities" menginspirasi penulis untuk menuangkan pengalaman mengelola universitas.

Pengelolaan sebuah universitas membutuhkan berbagai strategi, wawasan dan kemampuan yang holistik dan komprehensif.

Pengelolaan universitas dipimpin oleh rektor yang dapat dibantu oleh wakil rektor dan berbagai unit pendukung sesuai kebutuhan dan keunggulan yang ingin dibangun oleh universitas tersebut.

Rektor pada dasarnya adalah dosen yang diberikan tugas tambahan untuk menjadi pemimpin universitas pada periode tertentu.

Pada perguruan tinggi negeri (PTN) Rektor dipilih melalui suatu mekanisme yang diatur oleh Kemendikbudristek, sedangkan Rektor Universitas Swasta (PTS) diatur oleh Yayasan sebagai Badan Penyelenggara PTS tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tugas pokok rektor adalah memimpin universitas sesuai dengan visi, misi, tujuan dan sasaran universitas, dengan berbagai program kerja untuk pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi serta berbagai tugas lain yang diberikan oleh Kemendikbudristek atau Pimpinan Yayasan.

Menjadi seorang rektor, merupakan tugas yang mulia, penuh dengan tantangan dan peluang untuk membangun keunggulan bersama semua pemangku kepentingan.

Apalagi bagi rektor PTS dimana sebagian besar PTS masih mengandalkan dana yang dihimpun dari mahasiswa dan sumber lain yang mungkin terbatas sebagai sumber dana untuk menjalankan kegiatan tri dharma perguruan tinggi.

Bagi PTS yang mempunyai program unggulan dan memperoleh kepercayaan yang besar dari masyarakat sehingga dapat memperoleh mahasiswa yang banyak, maka dana yang dihimpun dapat memenuhi kebutuhan operasional, pengembangan dan keberlanjutan dimasa mendatang.

Baca juga: Bangun Ketangguhan Pascapandemi, Untar Gelar Pertukaran Mahasiswa Internasional 2021

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.