Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud Ristek Buka Rekrutmen Pelatih Ahli Sekolah Penggerak, Ini Syaratnya

Kompas.com - 29/09/2021, 18:58 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) membuka rekrutmen Pelatih Ahli untuk program Sekolah Penggerak angkatan 2.

Pada tahun ajaran 2021-2022, program Sekolah Penggerak akan melibatkan 2.500 satuan pendidikan di 34 provinsi dan 110 kab/kota. Lalu, untuk tahun ajaran 2022-2023, Sekolah Penggerak akan melibatkan 10.000 satuan pendidikan di 34 provinsi dan 250 kab/kota.

Selanjutnya, untuk tahun ajaran 2023-2024, Sekolah Penggerak akan melibatkan 20.000 satuan pendidikan di 34 provinsi dan 514 kab/kota, selanjutnya sampai 100 persen satuan pendidikan menjadi Sekolah Penggerak

Mendikbud Ristek Nadiem Makarim menerangkan, Program Sekolah Penggerak bukanlah untuk memilih atau menjadikan sekolah sebagai sekolah favorit atau sekolah unggulan, melainkan untuk mendorong transformasi sekolah negeri dan swasta untuk bergerak satu hingga dua tahap lebih maju.

Baca juga: Beasiswa S2 University of Cambridge 2022, Tunjangan Rp 351 Juta Per Tahun

Pelatih ahli akan berperan sebagai pendamping dan pendukung kepala sekolah, guru/pendidik dan pengawas sekolah/penilik, untuk mewujudkan sekolah yang berpusat pada murid. Pelatih Ahli akan mendampingi tiga sampai lima sekolah dalam satu kabupaten, selama minimal satu tahun.

Pendaftaran Pelatih Ahli Sekolah Penggerak dibuka hingga 10 Oktober 2021.

Gambaran pekerjaan pelatih ahli

Pelatih Ahli merupakan pendamping Kepala Sekolah, Guru/Pendidik, dan Pengawas Sekolah/Penilik untuk mewujudkan sekolah yang berpusat pada murid.

Dijelaskan, pelatih ahli akan berperan sebagai pendamping dan pendukung kepala sekolah, guru/pendidik dan pengawas sekolah/penilik, untuk mewujudkan sekolah yang berpusat pada murid.

Pelatih Ahli akan mendampingi tiga sampai lima sekolah dalam satu kabupaten, selama minimal satu tahun.

Baca juga: BUMN Bank Mandiri Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA, D3, S1-S2

Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak akan bertugas untuk mendorong kolaborasi seluruh ekosistem pendidikan sekolah dan pemangku kepentingan di kabupaten.

Ketentuan pendaftaran

Pendaftaran Pelatih Ahli Sekolah Penggerak dibuka hingga 10 Oktober 2021.

Rekrutmen pelatih ahli terbuka untuk:

  • Akademisi (dosen)
  • Pengawas Sekolah Aktif
  • Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah
  • Manajemen Sekolah
  • Guru dari sekolah yang mengembangkan Kurikulum Satuan Pendidikan secara mandiri dan/atau menggunakan kurikulum internasional
  • Widyaiswara aktif
  • Praktisi dan Konsultan Pendidikan
  • Pensiunan (Kepala dan Pengawas Sekolah, penilik, guru atau pendidik PAUD, Widyaiswara

Untuk pendaftaran dan informasi lengkap, harap kunjungi https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/programsekolahpenggerak/pelatihahli/ 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com